|

Bupati Taput Pimpin Musrenbang Kecamatan Tarutung

Kali Dibaca
Bupati Taput Pimpin Musrenbang Kecamatan Tarutung
Bupati Nikson Nababan Saat Musrembang Kecamatan Tarutung
Mediaapakabar.com-Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si  bersama anggota DPRD Taput Dapil 1 dan didampingi beberapa Pimpinan OPD Pimpin Musrenbang Kecamatan Tarutung, di  aula Kantor Camat Tarutung, Rabu (19/02).

"Keterbatasan dana menjadi kendala kita. Tahun ini hampir 40 milyar untuk pembangunan jalan hotmix. Tetapi kita akan tetap menentukan prioritas yang paling dibutuhkan masyarakat.

Skala prioritas menjadi penentuan pembangunan. Untuk itulah Musrenbang ini dilaksanakan. Sampaikan disini apa yang menjadi prioritas dan paling dibutuhkan," ujar Bupati mengawali sambutannya.

Dalam.sambutannya, Bupati memaparkan beberapa hal sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi dengan cepat. "Ada 4 (empat) sektor yang menjadi pemicu sebuah daerah bisa cepat maju dan berkembang, yakni Sektor pariwisata, misalnya Bali.

Daerah ini bisa berkembang dan sangat di kenal di tingkat internasional karena keindahan alamnya. Tingginya kunjungan wisatawan ke daerah ini menjadi sektor utama pemicu pesatnya pembangunan di Bali," ujar Bupati menambahkan.

Sektor kedua adalah Sektor Kesehatan, misalnya Penang. Memiliki pelayanan kesehatan yang sangat baik, dipercaya banyak orang menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Banyaknya kunjungan untuk berobat ke daerah tersebut akan menggerakkan perekonomian melalui jasa, seperti hotel atau penginapan, transport, restoran atau rumah makan dan jasa lainnya.

Selanjutnya, Sektor Pendidikan menjadi pemicu pesatnya perkembangan sebuah daerah, misalnya Yogyakarta. Masuknya ribuan mahasiswa akan mendorong pertumbuhan ekonomi dengan pesat, melalui jasa rumah makan, kost kost an, transportasi dan sekaligus menunjang wisata.

Sama halnya dengan Yogyakarta, kita juga berupaya mewujudkan pembangunan Tapanuli Utara dengan pesat melalui pendidikan. Berdirinya sebuah Universitas Negeri di Tapanuli Raya diharapkan akan menumbuhkembangkan perekonomian dengan cepat dengan keberadaan Bandara Silangit untuk menunjang sektor ini.

Jasa transportasi akan berkembang, kost kost untuk mahasiswa akan pesat, hotel dan penginapan bagi kunjungan keluarga mahasiswa, restoran juga akan berkembang, dan otomatis wisata akan berkembang seiring besarnya kunjungan ke Taput.

Keempat, sektor investasi menjadi sektor pemicu yang keempat, misalnya Batam. Besarnya masuk investor ke sebuah daerah menjadi salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi sebuah daerah.(ganda)
Komentar

Berita Terkini