|

Bupati Asahan Buka Festival Nasyid Tahun 2020

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Festival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2020 secara resmi dibuka oleh Bupati Asahan H.Surya. Festival diikuti sebanyak 50 group nasyid putra dan putri berasal dari 25 Kecamatan yang ada diwilayah Asahan.

Penjelasan  tersebut dikatakan ketua panitia pelaksana kegiatan Assisten IPemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Jhon Hardi pada acara pembukaan festival nasyid, Selasa (25/2/2020) bertempat dilapangan bola kaki pondok Sukajadi Add II PT Padasa Kecamatan Teluk Dalam.

Jhon mengatakan festival akan dilaksanakan sejak tanggal 25 s/d 28 Februari  tahun 2020 dan diikuti sebanyak 50 group nasyid.Dan bagi peserta terbaik nantinya akan mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Asahan berupa hadiah tropy dan uang tunai.

"Festival Nasyid adalah merupakan program Pemerintah yang secara nasional dilaksanakan  berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional" kata Jhon.

Bupati Asahan H. Surya dalam kata sambutan nya mengatakan bahwa pelaksanaan festival nasyid adalah salah satu upaya dan sarana untuk meningkatkan pembinaan kesenian dan kebudayaan bernuansa islami.Yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional.

"Dalam seni nasyid, terdapat  syair dan lirik yang  mengandung nilai-nilai moral religius dan edukatif. Serta memiliki sentuhan rasa kata dalam syair yang dapat menggugah hati pendengarnya.Sehingga syair dan lantunan seni nasyid dapat berpengaruh positif bagi pendengarnya untuk melakukan perbaikan diri baik itu sikap maupun tingkah laku" kata Bupati Surya.

Selain itu pula  H.Surya mengatakan bahwa seni nasyid dapat menjadi sebuah perisai  yang dapat merubah budaya  perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan adat budaya ketimuran orang Indonesia.

"Jadi, mari Kita jadikan momentum festival nasyid sebagai arena untuk mengetahui sampai sejauh mana hasil pembinaan yang telah dilakukan. Sebab pada hakikatnya, pemenang dalam festival bukanlah tujuan akhir. Yang lebih penting bagaimana seni nasyid dapat berkembang luas dan dicintai masyarakat untuk menjadi gaya hidupnya"ujar Bupati.

Oleh karena itu, H Surya meminta kepada seluruh peserta agar dapat menampilkan bakat dan kemampuan yang dimiliki dengan baik.

Tunjukkanlah hasil latihan dan pembinaan selama ini. Manfaatkan peluang kesempatan yang ada untuk saling mengenal dan menjalin hubungan yang baik dengan sesama peserta kata Surya.

Masih dikatakan Bupati,sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan yang Religius,Sehat,Cerdas dan Mandiri. Dapat kita pahami suatu ajaran agama dengan baik dan benar sesuai tuntunan agama.

Maka untuk itu,khusus umat Islam, marilah kita jadikan pentas seni nasyid menjadi salah satu indikator keberhasilan dari visi Pemkab Asahan yaitu  untuk mewujudkan masyarakat Asahan yang Religius dapat terwujud.

Diakhir sambutannya Bupati Surya mengajak masyarakat Asahan yang telah mempunyai hak pilihnya. Agar dapat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 23 September 2020 guna mensukseskan pilkada, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan.

Hadir dalam pembukaan Festival Nasyid tersebut antara lain Bupati Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Dandim 0208 Asahan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Asahan, Perwakilan Kapolres Asahan, Perwakilan Kakanmenag Kabupaten Asahan, para Asisten,para OPD,para Camat dan Kepala Desa.

Pembukaan Festival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2020 dirangkai dengan kegiatan pawai ta'aruf yang diikuti oleh seluruh kafilah dari 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan dan dilepas langsung oleh Bupati Asahan.(depram)
Komentar

Berita Terkini