|
Follow Us :

Bomber China Diusir jet tempur Taiwan

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Taiwan mengirimkan jet-jet tempurnya pada Senin 10 Februari 2020 setelah pesawat militer China secara singkat menyeberang ke wilayah udaranya. Penerobosan wilayah ini merupakan yang pertama sejak presiden yang anti-China terpilih kembali pada Januari.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan pembom China H-6 dan pesawat yang menyertainya secara singkat melintasi “garis batas” di Selat Taiwan
Itu adalah kedua kalinya pesawat China melintasi garis yang membagi kedua sisi di selat sejak Maret tahun lalu.
“Pesawat itu kembali ke wilayah udara China setelah jet tempur kami mengambil langkah responsif dan intersepsi yang tepat dan menyiarkan peringatan untuk pergi,”  kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan. Tidak disebutkan berapa banyak dan jenis pesawat China yang melintasi garis tengah.
Maret lalu, dua jet tempur J-11 China melintasi garis untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun, mendorong Taiwan untuk menuduh Beijing melanggar perjanjian yang telah lama berlaku dan menyebutnya sebagai tindakan “sembrono dan provokatif”
China telah meningkatkan jumlah pesawat dan kapal yang menerobos garis perbatasan sejak Presiden Tsai Ing-wen pertama kali terpilih pada tahun 2016.
Pemerintahnya menolak mengakui bahwa Taiwan sebagai negara dan tetap menyebut sebagai bagian dari China.
Pada bulan Desember, sesaat sebelum pemilihan presiden, kapal induk China yang baru ditugaskan berlayar melalui Selat Taiwan untuk kedua kalinya.
Shandong, kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri China, juga melintasi selat itu pada November, memicu kekhawatiran dari kedutaan besar Washington di Taiwan.
Tsai memenangkan masa jabatan kedua dalam pada bulan Januari yang dilihat sebagai sikap masyarakat Taiwan yang semakin anti-China.

Sumber : Flightzona.com

Komentar

Berita Terkini