|

Akhyar: Gunakan Bantuan PIP Hanya Untuk Kegiatan Pendidikan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap agar bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2020 tidak dipergunakan untuk tujuan yang tidak berhubungan dengan kegiatan pendidikan. PIP harus benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan, sebab tujuan diadakannya PIP untuk membantu siswa memenuhi kebutuhan sekolah.

Akhyar menyampaikan harapan itu ketika menghadiri penyerahan bantuan PIP 2020 di Yayasan Perguruan Pencawan Jalan Bunga Ncole, Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan, Jumat (28/2). Bantuan PIP tersebut diserahkan kepada 300 orang tua siswa kelas 3 SMA dan SMK, masing-masing sebesar Rp.1 juta perbulan.

Dikatakan Akhyar, bantuan PIP yang diberikan, selain membantu untuk meringankan biaya dan kebutuhan sekolah, juga diharapkan dapat memotivasi para siswa  untuk lebih giat lagi belajar. "Jangan gunakan PIP untuk kebutuhan lain, tapi gunakanlah untuk biaya dan kebutuhan sekolah. Sebab, negara memberikan bantuan PIP agar anak-anak Indonesia cerdas dan pintar," kata Akhyar.

Saat ini kata Akhyar, Indonesia membutuhkan anak-anak yang cerdas dan pintar untuk meneruskan estafet pembangunan. Oleh karenanya Akhyar berharap agar bantuan PIP dipergunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang menjadi tujuan program PIP dapat tercapai. "Tantangan ke depan lebih berat. Untuk itu dibutuhkan orang-orang cerdas," tegasnya.

Lebih jauh mantan anggota DPRD Medan itu menjelaskan, PIP merupakan bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah yakni 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) peserta Program  Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu serta penyandang disabilitas.

Melalui program PIP ini, jelas Akhyar, negara (pemerintah) ingin memutus kesenjangan akses pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Tidak ada lagi alasan anak-anak Indonesia tidak sekolah. "Untuk itu saya mengajak semua pihak agar ikut mendorong agar bantuan PIP benar-benar sampai ke tangan siswa yang berhak," pesannya.

Penyerahan bantuan KIP kepada 300 orang tua siswa kelas 3 SMA dan SMK berjalan lancar dan para orang tua siswa yang menerimanya merasa senang, sebab bantuan PIP sangat membantu meringankan biaya sekolah anak-anak mereka. Penyerahan bantuan turut dihadiri Drs Masri Pencawan selaku Pembina Yayasan Perguruan Pencawan, Asisten Pemerintahan Setdako Medan Musadad Nasution, Plt Kadis Pendidikan Kota Medan Masrul Badri serta Kabag Tapem Ridho Nasution.(rel/dn)
Komentar

Berita Terkini