|

Khofifah Usulkan Gus Dur Jadi Pahlawan Nasional

Kali Dibaca
Gus Dur (Sumber foto : Ist)
Mediaapakabar.com-Nama Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur diusulkan menjadi pahlawan nasional oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.
Selain Gus Dur, Khofifah juga mengajukan beberapa nama tokoh pejuang asal Jawa Timur agar ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

"Kami masih punya banyak tokoh yang kita berharap dapat anugerah gelar pahlawan, ada Gus Dur, ada juga Trunojoyo, sementara itu di dalam surat yang kami sampaikan terakhir kepada presiden," kata Khofifah disela-sela acara Peringatan Hari Pahlawan, di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (10/11/2019) dilansir teropongsenyan.com.

Khofifah mengaku, pihaknya telah menyampaikan usul tersebut kepada Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP).

Khofifah menjelaskan, Surabaya dan Jawa Timur telah banyak melahirkan pahlawan nasional. Hal ini karena dalam sejarah, Jatim sering menjadi lokasi perang.

"Area pergerakan di Jawa Timur itu memang dari dulu menjadi bagian penentu bagaimana sebetulnya memperoleh kemerdekaan dan mempertahankannya. Itu semangat dari Jawa Timur, terutama Surabaya itu," tambahnya.

Selain itu, Khofifah juga bersyukur Presiden Jokowi telah menetapkan KH Masjkur sebagai pahlawan nasional. Menurutnya, KH Masjkur merupakan tokoh Nadlatul Ulama (NU) asal Malang yang berjasa pada bidang kelaskaran.

Sumber teropongsenayan.com

editor:armen
Komentar

Berita Terkini