|

Bupati Paparkan Impian Agar Infrastruktur Parawisata Danau Toba Terkoneksi Dengan Pantai Tapteng Dan Nias Saat Mengikuti Program RUDS Di Universitas Of California Amerika Serikat

Kali Dibaca
Bupati Taput Nikson Nababan bersama kepala daerah lainnya di universitas of California, virgine Amerika Serikat. (Dok)
Mediaapakabar.com-Bupati Taput Nikson Nababan,salah satu dari sebagian  kepala Daerah yang mengikuti Program Regional and Urban Development Strategy (RUDS) di California, Irvine  Amerika Serikat merasa sangat bangga dan mendapat banyak ilmu untuk diterapkan di Tapanuli Utara.

Tuntutlah Ilmu Sampai Ke Negeri Jiran (Cina) yang artinya cari dan tuntutlah ilmu sejauh apapun ilmu itu berada. 

Kenapa gak ke Amerika atau kenapa gak ke Eropa...? Alasannya, karena ada fakta lain tentang negeri Cina  sebagai tempat menuntut ilmu, karena bangsa Cina dari dulu sudah mencapai peradaban yang lebih tinggi.

Itulah istilah kenapa setiap manusia tidak kenal usia untuk mengecap pendidikan untuk mendapat ilmu yang lebih tinggi.

" Kita memang harus banyak belajar, terkhusus bagi setiap kepala daerah," kata Nikson Nababan saat dikonfirmasi mediaapakabar.com, Kamis (28/11) melalui telpon seluler dan Watt Appsnya setelah mengikuti perkuliahan di Universitas of California, Irvine yang berlangsung tanggal 16-24 Nopember 2019 yang lalu.

Ilmu yang saya dapat dalam perkuliahan itu, Kepala Daerah dituntut agar terus memberikan pemikiran baru untuk membantu masyarakat membangun industri dan mempunyai daya saing global, regulasi dan program yang efektif yang dibutuhkan.

Juga kepala daerah harus berani mengubah sikap sebagai pelayan yang andal. Kepala Daerah harus membuka ruang untuk menerima keluhan masyarakat, seperti yang diutarakan guru besar Politik Institute Pemerintahan Dalam Negeri Ermaya Suradinata yang mewakili kementrian Dalam Negeri pada saat itu.

Di Universitas of California Irvine, kami  diajak berdiskusi dengan akademik praktisi serta perwakilan pemerintah setempat serta kunjungan lapangan ke sejumlah centra unggulan di california, seperti pertanian dan teknologi informasi.

Kata Nikson, pada kesempatan itu memaparkan impiannya agar infrsatruktur kawasan parawisata Danau Toba bisa terus dikembangkan.

Terkoneksi dengan Tapanuli Tengah yang memiliki wisata pantai dan Kepulauan Nias yang juga menjadi destinasi wisata khusus selancar.

" Kalau impian itu terwujud, para wisatawan akan meningkat untuk menikmati wisata danau dan pantai yang saling berdekatan," cetusnya.

Saya juga tertarik ungkapan Elvarin  Tobing yang mengatakan, diharapkan muncul inisiatif kerjasama yang melibatkan para pemangku kepentingan di daerah.

Dan kepala daerah tidak bersaing satu sama yang lain, tapi bisa saling berkolaborasi  untuk menghasilkan pusat-pusat keunggulan bersama didaerah.

(Win)
Komentar

Berita Terkini