Penajam Paser Utara Rusuh, Massa Rusak Pelabuhan

Media Apakabar.com
Kamis, 17 Oktober 2019 - 08:27
kali dibaca
Aksi pembakaran oleh sekelompok massa terjadi di Ibukota Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Rabu (16/10/2019). Foto Istimewa
Mediaapakabar.com-Kerusuhan pecah  di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, kerusuhan diduga dipicu ketidakpuasan keluarga korban dalam penanganan kasus dugaan penganiayaan.

Kerusuhan pecah sekitar pukul 13.00 Wita. Ratusan massa membawa senjata tajam mendatangi pelabuhan dan merusak pos loket tiket kapal klotk. Massa juga sempat menghentikan aktivitas transportasi penyeberangan.

Kabid Humas Polda Kalimantan Timur, Kombes Pol Ade Yaya Suryana, mengatakan saat ini kondisi di Pelabuhan sudah kembali normal.

"Situasi sudah kondusif. Pemadam kebakaran juga sudah masuk ke Tempat Kejadian Perkara (TKP)," kata Ade Yaya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (16/10).
Ade menceritakan, kejadian bermula ketika Polres Penajam Paser Utara menyelidiki kasus pidana penganiayaan. "Di kasus itu kami menangkap tiga orang, sebenarnya sudah ditangani," katanya.

Tiga orang tersangka penganiayaan itu, kemudian dipindahkan oleh polisi ke Polres Balikpapan demi alasan keamanan. Polisi juga telah berdialog dengan keluarga dan tokoh masyarakat pada Selasa (15/11/2019) untuk membicarakan soal ketidakpuasan keluarga korban.

Menurut Ade, massa dari pihak korban kemudian mendatangi pelabuhan dan mencari keluarga pelaku. "Sekitar pukul 12.00 Wita, massa sudah berkumpul dan kemudian, merusak pelabuhan," katanya.

Ade mengatakan, polisi telah berdialog dengan massa. "Kami meminta agar tidak melakukan upaya-upaya yang melanggar hukum," kata Ade.

Polisi dan TNI masih bersiaga di lokasi untuk mengamankan pelabuhan dan mengantisipasi aksi susulan.

"Ada dua SSK brimob, Sabhara, Polair, dan juga TNI. Tapi kami berharap yang terpenting masyarakat tidak terpancing," kata Ade.

(ar)
Share:
Komentar

Berita Terkini