OJK Regional 5 Sumatera Gelar Atraktif Bersama 75 Lembaga Keuangan di Sumut

Media Apakabar.com
Jumat, 25 Oktober 2019 - 08:27
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Dalam rangka penguatan literasi dan inklusi keuangan 
di Sumatera Utara dan sekaligus mendukung pencapaian target inklusi nasional, Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Utara (Forkom IJK Sumut) akan menggelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) Tahun 2019 selama 2 hari pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2019 di Lapangan Merdeka Kota Medan.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Bagian Utara, Yusup Ansori mengatakan atraktif ini bertema “Bersama Kita Wujudkan Inklusi Keuangan untuk Semua” akan
menghadirkan tujuh puluh lima lembaga jasa keuangan di Sumatera Utara,empat 
pemerintah daerah, berbagai organisasi perangkat daerah tingkat provinsi, Bank 
Indonesia, self regulatory organization industri jasa keuangan, dan empat asosiasi lembaga jasa keuangan.

"Perhelatan acara ini merupakan yang kedua kalinya di Sumatera Utara dan 
menjadi yang terbesar di bidang inklusi keuangan sepanjang tahun untuk 
Sumatera Utara. Sebagai wujud semangat pelaksanaan Perpres No.82 Tahun 
2016, perhelatan ini direncanakan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi," katanya, Kamis (24/10/2019).

Mengingat pentingnya peran acara tersebut dalam dunia inklusi keuangan, panitia pelaksana menargetkan pengunjung kegiatan akan terdiri dari masyarakat umum, pelajar, mahasiswa dan keluarga besar lembaga jasa keuangan serta pelaku usaha di Sumatera Utara.

"Untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman masyarakat terhadap fungsi produk lembaga jasa keuangan, dan sebagai wujud literasi yang lebih baik sebagai awal penguatan tingkat keyakinan bertransaksi melalui lembaga jasa keuangan di Sumatera Utara, panitia telah mempersiapkan beragam acara atraktif," ujarnya.

Dikatakannya, atraktif seperti pameran produk UMKM binaan Pemda dan industri keuangan, business matching, talkshow dan edukasi produk industri keuangan kepada masyarakat, mahasiswa dan pengusaha, senam bersama, aksi CSR, donor darah dan medical checkup, aneka lomba disertai hadiah.

"Sebagai puncaknya menghadirkan grandprize 1 unit mobil, 2 unit sepeda motor dan beragam hadiah menarik lainnya. Selain itu, juga dihadirkan beragam acara yang mendorong implementasi program sosial beberapa lembaga keuangan untuk Sumatera Utara yang lebih baik meliputi pembagian dana CSR bernilai ratusan juta dan kegiatan 
donor darah," katanya.

Yusup berharap agar semua pihak yang terlibat dalam PKR tersebut dapat bersinergi mensukseskan acara guna mencapai target inklusi nasional sebesar 75% pada akhir tahun 2019 dan meningkatkan posisi inklusi keuangan Sumatera Utara yang sebelumnya berdasarkan hasil survey literasi dan inklusi keuangan tahun 2016 oleh OJK tercatat di peringkat 4 nasional dengan indeks 75.6%.

(abi)

Share:
Komentar

Berita Terkini