BI Sumut Gelar Sosialisasi Intensif Menuju Penerapan QRIS

Media Apakabar.com
Kamis, 31 Oktober 2019 - 13:29
kali dibaca
BI Sumut Gelar Sosialisasi Intensif Menuju Penerapan QRIS
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Wiwiek Sisto Widayat,Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) BI Pungky Purnomo Wibowo bersama pihak terkait dalam jumpa pers di Medan.dok
Mediaapakabar.com-Bank Indonesia melakukan sosialisasi secara intensif di berbagai kota, diantaranya di Kota Medan melalui Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara.
Hal ini guna menuju penerapan Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS) yanga akan terlaksana pada 1 Januari 2020 mendatang.

Penggunaan QRIS Unggul (Universal, Gampang, Untung dan Langsung) mulai diintegrasikan dengan berbagai alat pembayaran elektronik. Setiap penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP) berbasis QR wajib menggunakan QRIS.

"Kita beri waktu sampai bulan desember untuk menyesuaikan, kalau minta waktu lagi kita jewer aja nanti,"  ujar Direktur Eksekutif Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) BI Pungky Purnomo Wibowo dihadapan para awak media, usai pembukaan acara Sosialisasi Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia di Medan, Kamis (31/10/2019).

Ditambahkannya, transaksi dengan QRIS, sangat menguntungkan pembeli dan penjual melalui transaksi satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada smartphone. "Keberadaan pengaturan standar pembayaran via QRIS dapat membuat antar sistem, teknis, dan infrastruktur saling terhubung dan saling memproses satu sama lain," jelasnya.

Siapapun yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan pembayaran melalui QRIS. "Yah dijaga dengan baik ponselnya,'" katanya

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Wiwiek Sisto Widayat menuturkan,
transaksi dengan QRIS prosesnya tidak ribet dan bisa dipakai oleh semua masyarakat untuk mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Selain itu, lanjut Wiwiek pihaknya juga tengah mempercepat implementasi Toba Smart Card di Kawasan Wisata Danau Toba. "Khususnya untuk transportasi Silangit-Parapat, Parapat-Samosir dan sebaliknya. Sedang kami garap itensif, secepatnya tahap final dan launch dalam waktu hang tidak lama lagi," ujarnya.

Lanjutnya, pihaknya berharap dukungan semua pihak dan khusnya bersama Pemda, BI akan terus lakukan upaya terobosan terkait upaya meningkatkan transaksi non tunai

(abi)


Share:
Komentar

Berita Terkini