Balai Bahasa Sumut Gelar Sosialisasi Penggunaan Bahasa

Media Apakabar.com
Rabu, 09 Oktober 2019 - 20:45
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat H Indra Salahudin membuka acara sosialisasi dan kordinasi  penggunaan  bahasa Indonesia  diruang publik,  yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Sumatera Utara  di Pemerintahan Kabupaten Langkat, bertempat di Gedung PKK Langkat, Stabat, Rabu (9/10/2019).

Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara Maryanto yang didamping oleh sejumlah stafnya. Sedangkan dari Pemkab Langkat sebagai peserta,  turut hadir para kepala OPD terkait di jajaran Pemkab Langkat, serta para pemangku kepntingan dan undangan lainnya.

Sekda pada sambutannya mengucapkan terima kasih  atas pelaksanaan kegiatan ini, sebab salah satu upaya  menjaga bahasa Indonesia untuk dapat dipergunakan secara baik dan benar di ruang publik, seperti kantor, sekolah maupun tempat – tempat umum lainya. 

“Semoga dengan kegiatan ini, kita semua termotivasi untuk terus menghidupi dan memasyarakatkan bahasa Indonesia secara baik dan benar, karena hal ini memang seharusnya menjadi tanggung jawab  kita semua sebagai warga negara Indonesia,”sebutnya.

Sekda juga mengatakan, menjaga Bahasa Indonesia yang benar, juga peryataan tekad pemuda Indonesia  yaitu yang tertulis dalam sumpah pemuda pada 28 oktober 1928 silam. Semoga pertemuan ini menjadi sebuah kekuatan , dalam menggelorakan  dan menghidupkan semangat sumpah pemuda yang tahun ini telah berusai 91 tahun.

Sementara Maryanto, mengatakan, bahasa daerah merupakan kekayaan bangsa Indonesia  yang beragam suku dan budaya, harus tetap lestari sebagai ciri khas bangsa ini,  namunn bahsaa Indonesia yang benar harus tetap diperkuat sebagai alat pemersatu bangsa.

“Marilah kita semua, mengambil peran dalam mengembangkan membina dan menjaga Bahasa Indonesia yang bernar sesuai kamus besar Bahasa Indonesia, agar generasi berikutnya tetap memiliki kebanggan, kecintaan dan kepribadian sebagai bangsa,”terangnya.

Hal ini perlu dilakuakan, sebab, terang Maryanto, saat ini bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat, sebagai dampak kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, yang penggunaanya semakin luas dalam beragam ranah pemakaian, baik secara lisan dan tulisan.

Oleh karena itu, kata Maryanto, kita memerlukan  rujukan  yang dapat dijadikan pedoman dan acuan berbagai  kalangan penggunaan bahsa Indonesia yang benar, terutama dalam pemakaian Bahasa tulis, agar penggunaan ejaan Bahasa Indonesia dapat sempurna.

Dikesempatan tersebut, Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara  memberikan  cedar mata sebuah baju kepada Sekda dan Kadis Pendidikan Langkat Saiful Abdi.

(rel/dn)

Share:
Komentar

Berita Terkini