Tingkatkan Potensi Wisata, Walikota Buka FGD

Media Apakabar.com
Rabu, 19 Desember 2018 - 14:24
kali dibaca
Agus Suriyono, saat membuka membuka Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Pariwisata Kota Medan pada Selasa (18/12) di Garuda Plaza Hotel.foto:apakabar/dani
Mediaapakabar.com-Wali Kota Medan mengatakan di 2018 ini perkembangan industri pariwisata di Medan meningkat.

Hal ini dilihat dari jumlah hotel, kuliner dan berbagai sarana hiburan lain yang juga meningkat dan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wali Kota berharap di tahun mendatang jajaran terkait semakin berbenah serta meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun mancanegara melalui berbagai wisata yang dihadirkan.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan melalui Kadis Pariwisata Medan, Agus Suriyono, saat membuka membuka Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Pariwisata Kota Medan pada Selasa (18/12) di Garuda Plaza Hotel.

Forum diskusi  ini mengambil topik Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Kota Medan.

“Karena itu, target untuk mewujudkan Medan sebagai destinasi wisata kota akan menjadi trend menarik di masa depan berdasarkan alasan yang rasional. Terlebih Medan yang terletak di bagian Barat wilayah Indonesia cukup strategis sebagai pintu masuk bagi wisatawan mancanegara,” ujar Kadis Pariwisata.

Sekaitan dengan hal tersebut Wali Kota menjelaskan lebih dalam mengenai empat unsur yang harus diintegrasikan, yakni daya tarik wisata, infrastruktur dan fasilitas pendukung, aksesbilitas berupa transportasi publik yang baik serta manejemen transportasi yang efesien/efektif dan kelembagaan kepariwisataan meliputi pemerintah, swasta serta masyarakat.

Lebih lanjut Wali Kota menjelaskan, sektor pariwisata sebagai salah satu pilar pembangunan semakin menunjukkan posisi dan peran penting sejalan dengan perkembangan dan kontribusi yang diberikan, baik dalam penerimaan pendapatan daerah, pengembangan wilayah, penyerapan investasi dan tenaga kerja.

"Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi kondisi ke depan, bagaimana kita meningkatkan kualitas pelayanan , kualitas sumber daya manusia, maupun penghargaan yang lebih baik kepada wisatawan lokal maupun mancanegara karena harapan saya adalah bagaimana perkembangan pengelolaan pariwisata di Medan, tentunya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," pungkasnya.

Usai membuka acara FGD, Kadis Pariwisata yang juga menjadi salah satu narasumber memaparkan pengembangan pariwisata merupakan peran penting bagi pembangunan suatu daerah. Dengan adanya kegiatan pariwisata maka daerah yang memiliki potensi dasar pariwisata lebih mudah berkembang dan maju.

“Daerah yang memiliki potensi dasar pariwisata cenderung mengembangkan potensi daerahnya sehingga mampu menarik wisatawan dalam jumlah besar,” paparnya. (dani)

Share:
Komentar

Berita Terkini