Tenaga Kerja Indonesia Diincar Perusahaan Jepang

| Kamis, 25 Oktober 2018 | 13.01 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto: Ist
Mediaapakabar.com-Jika kondisi ketenagakerjaan kondusif, sikap kerja ramah dan kemampuan unggul, pekerja Indonesia jadi incaran perusahaan Jepang.

"Para investor Jepang siap menampung lulusan pendidikan dan pelatihan Indonesia untuk bekerja di bisnis mereka di Indonesia," kata Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat menerima Gubernur Saitama Prefecture Jepang pada Rabu (24/10/2018).

Pemerintah akan menindaklanjutinya dengan program pemagangan bagi lulusan Balai Latihan Kerja (BLK) di perusahaan Jepang dan juga mengirim perawat lansia ke Jepang. 

"Jadi bentuknya pemagangan dan penempatan tenaga kerja terampil," ujar Hanif.

Kemnaker berencana akan membangun pusat pelatihan perawat lansia. 

" Nantinya pekerja terampil perawat lansia tidak hanya untuk Jepang, tapi untuk Amerika dan Kanada juga, karena permintaan dari negara-negara tersebut juga tinggi," tuturnya.

Selain tenaga terampil perawat lansia, para insinyur Indonesia juga diakui kemampuannya oleh Jepang. 


"Ada sekitar 30 insinyur Indonesia yang menempati jabatan setingkat manager di perusahaan Jepang," ungkap Hanif.

Bagusnya Jepang, lanjut Hanif, para tenaga kerja mereka yang bekerja di Indonesia melakukan transfer ilmu dengan sangat baik. 


Sehingga, jumlah tenaga kerja Jepang yang berada di Indonesia jumlahnya sedikit karena sudah dilakukan transfer ilmu.

Gubernur Perfektur Saitama, Kiyoshi Ueda, pekerja Indonesia memiliki kemampuan yang bagus dan kemampuan belajar dengan cepat.

"Etika dalam bekerja para pekerja Indonesia sangat bagus, itu hal yang sangat penting dalam lingkungan pekerjaan," kata Kiyoshi. (nor)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI