Sukses Pesta Raja Sonang Sedunia, Kepengurusan Kembali Ke DPP

| Jumat, 10 Agustus 2018 | 23.28 WIB
Kali Dibaca

Bagikan:
foto:apakabar/Ist
Mediaapakabar.com--Setelah sukses dan meriah Pesta Bolon Raja Sonang sedunia pada 8-10/08/2018, pembubaran kepanitiaan pada Sabtu (11/08/2018) dan seluruh kepengurusan dikembalikan ke DPP Siraja Sonang sedunia.

"Disinilah tempat Raja Sonang pindah dari Hasundutan ke Habinsaran. Berkat kerja keras dan buah pikir seluruh pomparan maka pesta ini bisa terlaksana," ucap Ketua Umum Panitia Pesta Bolon Raja Sonang sedunia," Juni Gultom.   

Untuk tahapan rencana berikutnya, akan diadakan perayaan ulang tahun direncanakan dua atau tiga tahun sekali dan diputuskan dalam rapat berikutnya. 
" Kami akan membuat peringatan atau ulang tahun tiap 2 atau 3 tahun sekali dan akan kami rencanakan nanti bahas dalam rapat," sebutnya. 

Pesta Siraja Sonang sedunia berlangsung meriah dan sukses di Huta Riniate, Desa Pardomuan, Samosir, dihadiri ribuan keturunan Siraja Sonang dari seluruh dunia. 

Pinoppar Raja Sonang dari 4 bersaudara 5 marga terdiri dari, Toga Gultom, Toga Samosir/Harianja,Toga Pakpahan, Toga Sitinjak, saat ini jumlah keturunan 1.5 juta 
seluruh Dunia. 

Pesta Bolon ini juga ikut meresmikan rumah Parsaktian setelah 50 tahun lamanya digagas oleh Pinoppar Raja Sonang sedunia. Peletakan batu pertama Desember 2007.   

Rencana pembangunan rumah Parsaktian dan pemugaran Tugu Siraja Sonang sudah pernah pada  1961, 1970, 1980, penggagas OP Bosar Gultom. 

Pembangunan dilaksanaka pada April 2017 dan selesai 12 juli 2017. Pembangunan Tugu, pembangunan Rumah Parsaktian Rumah Parsadaan sude pomparan Raja Sonang membutuhkan biaya Rp 2.5 M yaitu untuk pemugaran tugu, pembangunan rumah parsaktian, pembebasan lahan dan pendukung lain.  
" Kami sangat berterimakasih kepada Tuhan karena biaya pembangunan dan pembebasan lahan serta pendukung lainnya direncanakan 2.5 milyar, dana sudah terkumpul partisipasi dari pomparan Op Raja Sonang 3000 orang 1.5 milyar," tukasnya.  

Pembangunan digagas  Op Bosar Gultom, Op Sanggam Gultom, Op Lambas dan lainnya diketuai Taulada Sitinjak.  

Op Bosar berpesan, agar tetap meningkatkan persaudaraan sesama pomparan Raja Sonang 4 bersaudara dan 5 Marga karena tujuan pembangunan adalah untuk menyatukan seluruh pomparan dimana pun berada. (dani)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI