TNI Peduli, Peringati Hari Lahir Pancasila, Kodim 0201/BS Santuni Para Veteran

armen
Senin, 01 Juni 2020 - 18:55
kali dibaca



Mediaapakabar.com-Peringatan Hari Lahir Pancasila (1 Juni 1945 - 1 Juni 2020) diisi Kodim 0201/BS dengan acara nonton bareng film G30/S PKI dan penyerahan tali asih serta bantuan sembako kepada para Veteran asal Kota Medan.

"Kegiatan ini sebagai bentuk rasa hormat dan wujud kepedulian kami dari Kodim 0201/BS terhadap para veteran di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung," kata Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, SSos, dalam sambutan pembuka acara di Aula Makodim 0201/BS, Jalan Pengadilan No.8 Medan, Senin (1/6/2020).

Selain para veteran, acara nobar dengan menerapkan Protokol Kesehatan jaga jarak dan pakai masker ini, juga dihadiri oleh sejumlah anggota Hipakad Kota Medan, dan segenap personel Kodim 0201/BS. 

Dandim menjelaskan, kegiatan memeringati Hari Lahir Pancasila kali ini dilakukan di dalam ruangan dengan acara sederhana namun tetap khidmat.

"Biasanya, acara peringatan dilakukan dengan upacara. Namun atas petunjuk Komando Atas di tengah pandemi Covid-19 ini, maka acara dilakukan di dalam ruangan dengan tetap mengutamakan pelaksanaan Protokol Kesehatan," jelas Kolonel Roy Sinaga.

Dikatakan Kolonel Roy, acara nobar film G30/S PKI yang biasanya diputar setiap tanggal 1 Oktober pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, sengaja digelar hari ini sebagai upaya untuk semakin membumikan Pancasila.

"Pemutaran film G30/S PKI ini juga mengikuti tema peringatan kali ini, yaitu 'Pancasila dalam Tindakan, Gotong Royong Menuju Indonesia Maju'. Karena, hanya Pancasila sajalah yang bisa dan mampu mempersatukan babgsa yang terdiri dari beragama suku dan agama ini dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia," terang Roy.

Melalui film ini juga, Roy berharap para generasi muda Indonesia bisa lebih menghargai perjuangan para veteran dan akan terus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia.

Dalam acara ini, baik para veteran, anggota Hipakad Kota Medan maupun seluruh personel Kodim 0201/BS, juga berkesempatan mendengarkan secara daring (online) pidato Presiden RI, Joko Widodo yang secara lugas menegaskan bahwa Pancasila selamanya akan terus hidup di bumi Pertiwi Indonesia.

Sebelum menutup acara, Pamen TNI AD lulusan Akmil 1997 tak lupa mengingkatkan untuk tetap melaksanakan Protokol Kesehatan dalam kehidupan dan aktivitas sehari-hari.

"Dalam upaya memutus rantai penyebaran Virus Corona ini, kita semua perlu meningkatkan kedisiplinan pelaksanaan Protokol Kesehatan. Yakni, memakai masker, jaga jarak aman dengan orang lain, menghindari kerumunan atau tempat keramaian, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta berdiam diri di rumah dan tidak keluar kalau tidak penting.
"Intinya, untuk melawan Virus Corona ini, kita harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan mawas diri untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara, antara lain Pasi Intel, Mayor Czi Andre Prasetya Wibowo, Pasiter, Mayor Inf Romi Sembiring, serta sejumlah Perwira Staf dan Bintara Kodim 0201/BS.(rel/dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini