|
Follow Us :

Muncul Setelah Dikabarkan Meninggal, Kim Jong-un Kini Dirumorkan Punya Tubuh Ganda

Kali Dibaca


Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengobrol dengan orang yang sangat mirip dengannya di dekat uji coba rudal 28 Juli 2017. Foto: KRT
Mediaapakabar.com- Beberapa waktu yang lalu, publik sempat dihebohkan dengan kabar meninggalnya diktator muda Korea Utara (Korut), Kim Jong-un. Tapi kabar itu terbantahkan dengan kemunculannya di sebuah pabrik pupuk baru-baru ini.

Setelah kabar meninggal ditepis, Kim Jong-un kini dirumorkan punya tubuh ganda atau orang lain yang sangat mirip dengannya. Rumor tersebut muncul usai video bertanggal 28 Juli 2017 tersebar luas. Dalam video itu, Kim Jong-un terlihat mengobrol dengan dua orang yang sangat mirip dengannya, termasuk pakaian dan sepatu Kuba yang dikenakan.

Media Barat, The US Sun melaporkan Kim Jong-un sering bepergian dengan sosok "kembaran"-nya untuk menangkal kemungkinan upaya pembunuhan terhadap dirinya.

Kim sebelumnya menghilang dari publik selama hampir tiga minggu dan memicu rumor bahwa dia sakit parah atau bahkan meninggal. Namun, dia tiba-tiba muncul kembali selama kunjungan ke Pabrik Pupuk Fosfat Sunchon di Korea Utara pada 1 Mei 2020.

Media-media Barat yang tak percaya begitu saja menganalisis foto-foto Kim yang muncul di pabrik itu dan dibandingkan dengan foto Kim sebelumnya. Dari analisis foto tersebut, diklaim ada perbedaan pada gigi, hidung, keriput, garis rambut dan telinga yang menguatkan rumor bahwa sosok yang muncul di pabrik pupuk itu bukan Kim yang sebenarnya.

Gambar-gambar dari dua tahun lalu juga menunjukkan orang-orang yang mirip Kim Jong-un berada di lokasi peluncuran rudal Hwasong-14 bersama sang diktator.

Pengunaan tubuh ganda atau "kembaran" bukan hal baru di kalangan para diktator. Bekas diktator Irak Saddam Hussein menjadi pengguna tubuh ganda yang paling terkenal. Baik dia dan dua putranya; Qusay dan Uday, menggunakan "kembaran" untuk perlindungan. Trik ini menjadi subjek film Hollywood "The Devil’s Double".

Pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin juga dituduh menggunakan "kembaran" bernama Rashid. Diktator Nazi, Adolf Hitler, juga diketahui memiliki "kembaran" bernama Gustav Weler.

Perihal rumor Kim Jong-un menggunakan tubuh ganda, aktivis hak asasi manusia Jennifer Zeng menjadi orang pertama yang mencermati perbedaan dalam sosok "Kim baru".

"Apakah Kim Jong-un yang muncul pada 1 Mei asli?," tanya dia di Twitter dengan mengunggah foto-foto perbandingan penampilan "lama dan baru" Kim Jong-un, seperti dikutip dari IB Times, Jumat (8/5/2020).

Mantan anggota Parlemen Inggris, Louise Mensch, ikut meramaikan debat soal rumor Kim menggunakan tubuh ganda.

"Gigi, garis tengah bibir atas, dan yang lainnya. Benar-benar berbeda. Lihatlah kawanan (perbedaan) itu," tulis dia.

Pemerintah Korea Utara yang terkenal tertutup tidak pernah menanggapi rumor kematian Kim Jong-un. Terlepas dari benar tidaknya Kim menggunakan tubuh ganda, Rusia baru-baru ini memberikan penghargaan untuk pemimpin Korea Utara tersebut. Tak hanya itu, Kim Jong-un juga mengucapkan selamat kepada pemerintah China yang berhasil mengatasi pandemi virus corona baru, COVID-19.
(Sindonews)
Komentar

Berita Terkini