"Stok Beras di Kota Medan Cukup 3 Bulan Kedepan"

Media Apakabar.com
Senin, 13 April 2020 - 12:40
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Frekuensimedia-Medan :  Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Medan, Emilia Lubis, mengatakan ketersediaan pangan di Kota Medan saat ini sangat cukup.

“Stok beras masih mencukupi hingga 3 bulan kedepan,” sebut Emilia Lubis dalam pertemuan dengan Komisi II DPRD Kota Medan, Senin (13/4/2020).

Dari kebutuhan setiap bulannya mencapai 18 ton, kata Emilia, saat ini tersedia sebanyak 34.500 ton. “Begitu juga ketersediaan bahan pokok lainnya masih normal,” kata Emilia.

Namun demikian, sebut Emilia, pihaknya tetap mewanti- wanti terhadap dugaan penimbunan sembako. “Tim Satgas Pangan terus berupaya memantau pasokan sembako,” katanya.

terkait pengawasan makanan yang diperjualbelikan dipinggir jalan, Emilia, menyampaikan tetap turun kelapangan melakukan pengawasan dengan menggunakan mobil laboratorium keliling.

Sebelumnya Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Aulia Rachman, meminta Dinas Ketapang Kota Medan harus memastikan serta mengantisipasi jangan sampai terjadi kerawanan pangan di Kota Medan.

“Dinas Ketapang harus proaktif. Satgas pangan harus terus memantaunya,” pinta Aulia.

Aulia juga meminta Dinas Ketapang melakukan identifikasi jenis pangan dan persediaan stok. “Kita ingatkan, agar akses distribusi kebutuhan sembako jangan sampai tersendat,” tegas Aulia.

Politisi Partai Gerindra itu juga meminta Dinas Ketapang agar memiliki strategi mengawasi gejolak harga di tengah pandemi wabah Covid-19. “Situasi seperti ini rawan spekulasi dan penimbunan. Perlu antisipasi dan strategi khusus,” pinta politisi asal Dapil II itu.

Aulia juga meminta pihak Dinas Ketapang untuk meningkatkan pengawasan terhadap produk makanan menjelang Ramadhan. “Banyak makanan yang diperjualbelikan di pinggir jalan dan itu perlu pengawasan agar tetap higienis dan bebas pengawet,” pintanya lagi. (*Sugandhi Siagian)
Share:
Komentar

Berita Terkini