Selamat! Eks Asisten Ajudan Jokowi Ini Satu-satunya Tentara Asing Lulus Sekolah Elite Militer AS

armen
Selasa, 07 April 2020 - 20:14
kali dibaca

Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (Foto: dok TNI AD)
Mediaapakabar.com-Kapten Inf Teddy Indra Wijaya, mantan asisten ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi satu-satunya tentara asing yang lulus sekolah US Army Ranger, sekolah pasukan paling elite di Angkatan Darat Amerika Serikat (AS).

Sebagaimana disiarkan oleh situs resmi TNI AD, diakses detikcom, Selasa (7/4/2020), Atase Militer Darat RI untuk AS, Kolonel Inf Hendri, menyampaikan kabar ini.

"Pendidikan itu diikuti oleh tentara yang telah terpilih paling fit, baik secara fisik dan mental. Untuk persentase kelulusan sekolah selama ini, berkisar 20-25 persen dari seluruh jumlah siswa pada periode pendidikan tersebut," kata Hendri.

Sekolah Ranger ini adalah program untuk menghasilkan lulusan US Army Ranger bagi Resimen Ranger ke-75, lokasinya ada di Fort Benning, Georgia, AS.

Sekolah ini memiliki seleksi yang ketat. Jumlah awalnya ada 416 siswa, diikuti siswa asing dari Jerman, Ukraina, Arab Saudi, Kanada, Belanda, dan Indonesia. Hanya 76 siswa yang berhasil lulus, di antaranya ada satu saja siswa asing yang lulus, yakni siswa dari Indonesia, yakni Kapten Inf Teddy Indra Wijaya.

Tingkat kesulitan sekolah ini tidak main-main. Maka tidak aneh Ranger School menjadi sekolah paling bergengsi bagi AD Negeri Paman Sam. Di gerbang Pangkalan Militer (Fort Benning, Georgia) terpampang tulisan 'Not for the Weak and Fainthearted' atau 'Bukan untuk Mereka yang Lemah dan Pengecut'. Meski sekolah ini sulit, pria yang pernah diguyur air kembang oleh Presiden Jokowi pada prosesi pernikahan siraman 2018 itu lulus.

Standar pendidikan Ranger menerapkan metode sistem gugur setiap hari, setiap tahapan tes. Batas maksimal pelanggaran prosedur sangat ketat. Ada sejumlah tes yang harus dilalui siswa, antara lain kemampuan individual dalam fisik, navigasi darat, tes taktis ranger dalam tahap RAP week, serta penilaian kepemimpinan dalam patroli, serta evaluasi sejawat (peer evaluation).

"Siswa yang tidak memenuhi standar akan langsung didrop/dikeluarkan pada setiap harinya, recycle atau mengulang tahap sebelumnya, ataupun mengulang dari hari pertama, yaitu Day 0," kata Hendri.

Komandan Brigade Batalion Latihan Ranger Kolonel Michael Scarpula menutup pendidikan yang berlangsung dalam upacara sangat tertutup, karena sedang ada wabah virus COVID-19. Dia menyematkan Tab Ranger pada lengan kiri siswa yang lulus, salah satunya menyematkan ke lengan kiri Kapten Inf Teddy Indra Wijaya.

Perwira TNI AD lainnya yang berhasil lulus Ranger School di antaranya Jenderal TNI Purn SBY, Letjen TNI Purn Hotmangaraja Panjaitan, Letjen TNI Purn Nugroho Widyatomo, Letjen TNI Purn Syaiful Rizal, serta beberapa perwira muda.


Sumber :Detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini