Satu Pasien PDP di Asahan Meninggal Dunia

Media Apakabar.com
Jumat, 17 April 2020 - 12:04
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Akhirnya RD Pasien Dalam Pengawasan (PDP) umur 49 th, warga Lk.II, Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan, meninggal dunia setelah sebelumnya mengalami keluhan sesak nafas disertai batuk  dan demam di RSUD HAMS Kisaran.

RD akan dimakamkan sesuai dengan prosedur protokol Covid 19. Hal ini dilakukan setelah pertimbangan medis agar tidak terjadi resiko yang lebih buruk lagi.

"Ya RD pasien PDP telah meninggal dunia dan akan dimakamkan sesuai dengan protokol prosedur penanganan Covid 19' ujar juru bicara gugus tugas Covid 19 Kabupaten Asahan H.Rahmat Hidayat Siregar,Jumat (17/4/2020).

Rahmat Hidayat menjelaskan berdasarkan hasil keterangan dari dr. Nini (Spesialis paru), menjelaskan bahwa dari pemeriksaan kesehatan, almarhum RD menderita penyakit SEPSIS (Keracunan Bakteri dalam tubuh).

Dimana sebelumnya alm RD pada Kamis (16/04) sempat berobat ke  Puskesmas Sidodadi, Kisaran Barat karena menderita demam, batuk, dan sesak nafas.

Karena gejala itu RD dilakukan rapid tes di Puskesmas Sidodadi, namun hasilnya negatif. Akan tetapi saat dalam perjalanan kembali menuju rumahnya, kondisi kesehatan RD menurun.

Sehingga RD istirahat di warung di tepi pinggir Jalinsum Sidomukti. Ketika ditemukan warga, pasien dalam kondisi sangat lemah dan warga berinisiatif melaporkan hal tersebut ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan",  jelas Hidayat. 

Selanjutnya alm RD  dibawa Ke RSUD HAMS untuk pemeriksaan dan perawatan kesehatan. Namun Allah berkehendak lain, tepat pukul 00.40 dini hari tadi RD meninggal Dunia.

"Almarhum  RD akan dikebumikan sesuai dengan standar prosedur protokol Covid-19. Dan akan dikebumikan di pemakaman umum Kelurahan Sidomukti  kecamatan Kota Kisaran Barat."

Hal ini dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga ," jelas Hidayat. 
Terkait meninggalnya RD, pihak keluarga tidak dilakukan pemeriksaan kesehatan. Karena setelah dua kali dilakukan menggunakan metode uji Rapid Test almarhum RD dinyatakan hasilnya negatif.

"Kita akan terus berupaya melakukan pencegahan, dan kepada masyarakat kita berharap agar bisa bekerja sama dengan Pemerintah dengan mengikuti anjuran dan imbauan yang ada.

Segera laporkan bila ada pendatang dari luar kota. Sehingga kita bisa menekan penyebaran Covid-19,di Kabupaten Asahan" jelas Hidayat..(Ed/dp)

Share:
Komentar

Berita Terkini