Pemkab Asahan Laksanakan Musrembang melalui Video Conference

Media Apakabar.com
Selasa, 14 April 2020 - 12:23
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Ditengah wabah Cocona Virus Desease (covid-19) yang melanda Indonesia saat ini. Untuk pertama kalinya Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Asahan  Tahun 2021  dilaksanakan melalui Video Conference (VidCon).

"Pelaksanaaan Kegiatan Musrenbang RKPD tahun ini Kita laksanakan melalui Video Confrence.Ini Kita lakukan karena ada wabah penyebaran virus Covid 19" ucap Kepala Bappeda Zainal Arifin,Selasa (14/4/2020) bertempat di ruang kerja Bupati Asahan.

Zainal menyampaikan bahwa  pelaksanaan musrenbang kali ini, melalui media Video Conference (VidCon) yang terhubung langsung dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi  Sumatera Utara di Medan.

Selain itu Musrenbang ini diikuti oleh seluruh Kepala OPD disetiap kantor masing-masing. Sedang para Camat dan Lurah se Kabupaten Asahan mengikuti kegiatan Musrenbang di setiap kantor Camat.

“Musrenbang RKPD Kabupaten Asahan adalah untuk membahas dan menyepakati program prioritas pembangunan daerah. 

Serta membahas  pagu Indikatif berdasarkan hasil musrenbang yang dilaksanakan mulai dari tingkat desa sampai tingkat Kecamatan  beberapa waktu yang lalu" ucap Zainal.

Masih dikatakan Zainal bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2021 rencananya dilaksanakan pada tanggal 14 s/d 15 April 2020.

Sementara itu, H. Surya mengatakan, karena wabah Covid-19, pelaksanaan musrenbang digelar  melalui VidCon. Namun hal ini tidak mengurangi keseriusan kita dalam menyusun musrenbang RKPD Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Bupati menyebutkan walau pelaksanaan Musrenbang tahun ini dilaksanakan dalam keadaan dan kondisi yang sangat memperihatinkan karena adanya pandemi Covid 19.

Tetapi kegiatan ini tetap Kita laksanakan  sesuaikan dengan surat edaran Mendagri Nomor 440/2552/SJ tanggal 23 Maret 2020 tentang pelaksanaan musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang harus tetap dilaksanakan.

Yang pelaksanaaanya dilakukan  melalui Video Conference dan tetap mengindahkan protokol Penanganan Covid 19.

“Kita tidak boleh lengah menghadapi Covid-19. Kita harus bijak menyikapinya demi kelanjutan pembangunan Asahan kedepan,” ujar H.Surya.

Musrenbang kali ini, sangat perlu sekali, karena kegiatan ini untuk menyusun program di tahun terakhir. Guna pencapaian dari visi-misi yang telah tertuang dalam RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2016-2021.

Disamping itu Kita harus memperhatikan akselerasi pembangunan demi mewujudkan visi supaya  lebih maju lagi. Ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja pembangunan yang akan menjadi catatan sendiri bagi Kabupaten Asahan.

"Pelaksanaan musrenbang tahun ini akan menjadi media inspiratif bagi segenap stakeholder untuk mendukung kegiatan maupun program pembangunan serta anggaran ditahun berikutnya.

Maka untuk itu perlu dilakukan sisi penajaman prioritas program untuk RPJMD tahun 2016-2021 agar tujuan visi dan misi dapat tercapai,sebut H.Surya.

Tema  Musrenbang“Pembangunan Sumber Daya Manusia, Peningkatan Infrastruktur dan Memperkuat Ketahanan Ekonomi Dalam Mewujudkan Asahan yang Religius, Mandiri dan Sejahtera". 

Khusus pada Kepala OPD, Camat, Lurah  dan seluruh elemen masyarakat agar  terus bersungguh sungguh dan berupaya untuk mewujudkan komitmen yang telah dibangun bersama.

Yaitu untuk mewujudkan Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri dengan memperhatikan  kegiatan yang mendukung pencapaian indikator yang telah ditetapkan dalam dokumen RPJMD.

Kegiatan yang diusulkan dalam Musrenbang tetap mendukung prioritas  pembangunan pusat dan provinsi.

"Oleh karena itu saya mengimbau kepada seluruh Kepala OPD, dan ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan untuk dapat berperan aktif dalam membantu Gugus Tugas Percepatan  Penanganan Covid 19 dengan membatasi kegiatan di luar rumah".

Dan kepada seluruh Camat, untuk tetap memantau kondisi masyarakat untuk mendorong pelaksanaan budaya hidup bersih dan tetap mengaktifkan Posko Gugus Tugas yang ada di kecamatan masing-masing,ujar H.Surya.

Sementara Itu Gubernur Sumatera Utara Dalam Sambutannya yang disampaikan Kepala Bappeda Provinsi Sumarera Utara Dr.Ir.Hasmirizal Lubis, MSi  menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah melaksanakan kegiatan Musrenbang dalam situasi pandemi Covid 19 dengan menggunakan Video Conference.(Ed/Dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini