|
Follow Us :

Kurang 24 Jam, Pendaftar Kartu Prakerja Tembus 1,4 Juta Orang

Kali Dibaca




Kartu Prakerja. (Foto: ilustrasi/Ist)
Mediaapakabar.com-Pendaftaran kartu prakerja yang dibuka pada Sabtu (11/4/2020) petang diserbu masyarakat. Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, ada lebih dari sejuta orang yang mendaftar.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, berdasarkan data Minggu (12/4/2020) pukul 16.00 WIB, pendaftar mencapai 1,43 juta dimana mereka yang sudah melakukan verifikasi email 1,06 juta (73,85 persen) dan verifikasi NIK 62.090 (43,65 persen). Dari jumlah itu, 77.834 (5,43 persen) sudah mengambil program pelatihan.

“Dari total yang telah registrasi sebanyak 1,4 juta itu, pernah dalam 1 menit, pendaftar Kartu Prakerja mencapai 80.000 orang pada saat yang bersamaan, sehingga kapasitas server akhirnya ditingkatkan," kata Airlangga, Senin (13/4/2020).

Dia menambahkan, pemerintah terus meningkatkan layanan program kartu prakerja. Beberapa di antaranya yang terus diperbaiki yaitu verifikasi email, unggah foto, kapasitas server, hingga penyediaan fasilitas call center.

Dia memastikan kapasitas sistem server, front-end, dan back-end mampu melayani dengan baik. Selain itu, keamanan data dan server dari serangan akan tetap menjadi perhatian utama.

"Kami melihat antusiasme ini sebagai refleksi dari ekspektasi publik yang sangat tinggi terhadap program kartu prakerja," ujar Airlangga.

Mantan menteri perindustrian itu berharap calon pendaftar yang kesulitan bisa memaklumi adanya kekurangan saat awal masa pendaftaran. Pasalnya, program kartu prakerja adalah program baru pemerintah yang melibatkan digital platform secara end-to-end.


Sumber : inews.id
Komentar

Berita Terkini