Covid 19, Total ODP Asahan 134 dan 2 Orang PDP

Media Apakabar.com
Kamis, 09 April 2020 - 20:24
kali dibaca
Kadis Kominfo Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar
Mediaapakabar.com-Total Orang Dalam Pemantauan (ODP) up date hari ini (8/4/2020) di Kabupaten Asahan ada sebanyak 134 orang dan 2 orang sebagai PDP atau Pasien Dalam Pengawasan.

Sesuai dengan data hasil surveilans pada setiap puskesmas dibawah naungan Dinas Kesehatan ada 111 orang masuk ODP, 23 orang bebas pemantauan dan 2 orang PDP.

Penjelasan itu dikatakan  Kadis Kominfo Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, Rabu (8/4) terkait Update Data ODP di Asahan hingga pukul 12.00 Wib.

Rahmat menjelaskan,warga yang masuk pada kategori  ODP dan PDP itu tersebar di 20 Kecamatan dari 25 kecamatan yang ada di Asahan. Diantaranya masing -masing Rawang Panca Arga 1 orang ODP,Silau Laut 3 orang ODP, dan Kisaran Timur 2 orang ODP.

Kemudian,Kecamatan Kisaran Barat 7 orang ODP, Aek Ledong 2 orang ODP, dan Pulau Rakyat 9 orang ODP. Lalu, Kecamatan Air Joman 16 orang ODP, Sei Dadap 7 orang ODP, Pulo Bandring 11 orang ODP, Sei Kepayang 9 orang ODP, dan Buntu Pane 3 orang ODP.
Lalu,Kecamatan Air Batu 15 orang ODP, Aek Songsongan 4 orang ODP, Teluk dalam 1 orang ODP, dan Bandar Pasir Mandoge 6 orang ODP. Dan,Kecamatan Meranti 3 orang ODP, Bandar Pulau 2 orang ODP, Tinggi Raja 9 orang ODP dan Kecamatan Aek Kwasan 1 orang ODP.

Sedangkan,warga yang masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 2 orang berada di Kecamatan Simpang Empat Asahan .Dan kedua warga PDP itu saat ini masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri di rumah sakit di Marta Friska Medan.

Sementara itu, ada 5 Kecamatan lainnya yang tak ditemukan warga ODP atau PDP. Diantaranya, Kecamatan Rahuning, Setia Janji, Sei Kepayang Barat, Tanjung Balai dan Sei Kepayang Timur Asahan.

Masih dijelaskan juru bicara gugus tugas penanganan covid -19 Asahan. Dirinya mengatakan  di Kabupaten Asahan hingga saat ini belum ada yang positif. Pasalnya, pihak Pemkab Asahan tidak menemukan warga yang positif terinfeksi virus Corona tersebut.
Namun,masih terus dilakukan pemantauan dan pengawasan untuk mengantisipasi penyebaran  virus tersebut. Oleh karena itu Rahmat berharap agar masyarakat dapat menjaga pola hidup sehat dan bersih.

“Alhamdulillah hingga saat ini orang yang positif dari virus Covid 19 di Asahan belum ada ditemukan.Yah kalau bisa masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat dan berprilaku bersih,"harapnya.

Sementara itu Rahmat menerangkan ODP adalah  orang yang memiliki gejala demam 38 derajat atau riwayat demam atau gejala gangguan sistem pernapasan pilek batuk dan sakit tenggorokan.

Sedang PDP adalah orang dengan infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Yaitu menderita demam 38 derajat Celcius atau riwayat demam tenggorokan,pilek/pneumonia ringan hingga berat.

Dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalan atau tinggal di negara atau wilayah yang melaporkan transmisi lokal .

Orang dengan ISPA berat pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di Rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan..
(Dp/Ed)
Share:
Komentar

Berita Terkini