PT RNI Akan Datangkan Alat Tes Corona dari China, Bisa Deteksi 15 Menit

armen
Kamis, 19 Maret 2020 - 13:11
kali dibaca

Foto: Ari Saputra

Mediaapakabar.com-PT RNI (Persero) akan mendatangkan alat uji corona atau rapid test Covid 19. Alat ini didatangkan dari China.

Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam teleconference di Jakarta Rabu (18/3/2020).

"RNI lagi kerja sama dengan China itu mau produksi rapid test Covid 19. Rapid test corona kerja sama dengan pabrik China," katanya.

Arya mengatakan, dengan alat ini maka virus bisa dideteksi dalam waktu cepat.
"Jadi tes corona namanya rapid test, yang dia bisa hasilnya bisa keluar hanya beberapa menit, 15 menit sampai 3 jam," katanya.


Arya mengatakan RNI telah memesan 500 ribu unit. Namun, untuk mendatangkan alat ini perlu izin Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

"Kami sudah pesan 500 ribu, ini RNI yang pesan, tapi kita menunggu izin Kemenkes. Kalau sudah bisa langsung kita kirimkan tes corona dengan cepat kemana-mana," terangnya.

Arya menambahkan alat ini merupakan pendeteksi awal untuk melacak corona.

"Kalau bisa rapid test dengan cepat dikasih izin permasalahan yang jadi kendala bisa terselesaikan. Walaupun rapid test bukan tes terakhir. Karena kalau dilihat positif bisa melangkah lebih jauh tes lab yang butuh 2 hari itu," paparnya.

Pihaknya belum menerangkan secara rinci ke mana alat itu didistribusikan. Yang pasti, akan melalui BUMN. Dia juga belum membeberkan kisaran harga alat itu.


Sumber : Detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini