|

Pemdes Padang Lawas Seleksi Visi-Misi Dan Test Kopetensi 125 Balon Kades

Kali Dibaca
Terlihat Bupati Padang Lawas Alisutan Harahap (TSO) sedang melihat langsung salah satu bakal calon kades saat menyampaikan visi-misi kepada Tim Penguji
Mediaapakabar.com- Dinas Pemdes Padang Lawas (Palas) gelar seleksi penyampaian program visi-misi dan test kopetensi 125 orang Bakal Calon (Balon) Kepala Desa berasal dari 4 wilayah Kecamatan yakni, Barumun, Barumun Selatan, Lubuk Barumun dan Sosopan yang dilaksakan pada aula Kantor Camat Barumun Selatan di Desa Tanjung Purba Tua, Selasa (10/9/2019).

Amatan Mediaapakabar.com pada kegiatan tersebut satu-persatu peserta bakal calon Kepala Desa dipanggil oleh tim penguji untuk menyampaikan dan memaparkan program maupun visi-misi dilanjutkan dengan test kopetensi terhadap bakal calon Kepala Desa.

Kadis Pemdes Palas, Hamzah Nasution kepada Apakabar.com dalam kegiatan seleksi penyampaian visi-misi dan test kopetensi balon kades mengatakan beliau harapkan pelaksaaan ini berjalan dengan baik dan inilah usaha kita.

"Dengan adanya kegiatan seleksi dari tim penguji diharapkan balon kades yang terbaik untuk desa masing masing. Kegiatan ini akan di uji tim penguji, selanjudnya hasil inilah yang menetapkan siapa calon kades yang berhak mengikuti pilkades nantinya," terang Hamzah Kadis Pemdes Palas.

Camat Barumun Selatan, Muhammad Rifa'i mengungkapkan,"Walau banyak kandidat bacalon kades, namun sejatinya incumbent lebih berpeluang untuk duduk kembali, tentu mereka juga harus mengevaluasi program selama ini apakah masyarakat masih layak untuk dihunjuknya menjadi putra terbaik di desa sebagai Kepala desa".

"Namun sebaliknya kalau program incumbent selama ini buruk atau kurang berjalan maksimal sesuai harapan warganya tentu ini menjadi indikator titik lemah bagi incumbent tentu situasi ini akan dimanfaatkan kandidat balon kades yang baru untuk menarik simpatik warga melalui penyampaian program visi-misi mereka". Tegas Camat Barsel, Muhammad Rifa'i.

H Maramin Hasibuan. Peserta bakal calon Kepala Desa Sorodingin Kecamatan Lubuk Barumun (incumbent) mengaku pihaknya  kembali mencalonkan diri adalah murni atas permintaan masyarakat, tentu ia dan berusaha untuk menjalankan amanah dari masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Berbagai proses dan persyaratan untuk seleksi sudah saya ikuti sesuai yang diminta tim penguji dan mudah-mudahan berjalan lancar hingga saat ini seleksi penyampaian program visi-misi dan kopetensi untuk nantinya setelah di nilai oleh tim penguji dari Dinas Pemdes maka kami akan menjadi Calon kades yang berhak mengikuti pikades nanti".

"Kami berupaya untuk memajukan desa serta SDM warga agar lebih mampuni dalam menghadapi ekonomi global saat ini, sehingga membuat warga merasa nyaman dan tentram di desanya tempatnya berdomisili," ujarnya.

"Adapun program kami untuk memajukan warga melalui program dana desa melalui bumdes sehingga menambah pendapatan warga dan aset desa serta mewujudkan warga yang  beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Esa, sehingga warga dapat terbantu di bidang pembangunan, keagamaan dan kemasyarakatan". Ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir  Bupati Padang Lawas, Alisutan Harahap (TSO) yang didampingi Sekda Arpan Nasution, Kadis BPKAD Harjusli Siregar, Kakan Kesbang Gojali Siregar, Kasat Pol-PP, Saiful Ronny, Inspektorat, Camat Barumun, Camat Barumun Selatan, Camat Lubuk Barumun dan Camat Sosopan.(Robert Nainggolan).
Komentar

Berita Terkini