Bupati Sergai Sambut Pengurus Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak

Media Apakabar.com
Jumat, 12 Juli 2019 - 16:45
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Serdang Bedagai terima audiensi Yayasan Pelestari Kebudayaan Batak di ruang Rapat Bupati komplek kantor Bupati Serdang Bedagai di Sei Rampah, Kamis (11/7/2019).

Audiensi itu diterima langsung oleh Bupati Serdang Bedagai Soekirman di dampingi Asisten Pemerintahan Umum Herlan Panggabean, Kadis Poraparbud Serdang Bedagai Sudarno, Pengurus Yayasan Pelestari Budaya Batak Jim Siahaan (Ketua Dewan Pembina), Manguji Nababan (Wakil Ketua), M. Tansiswo Siagian (Sekretaris Umum), Darman Rajagukguk (Wakil Sekretaris).

Membuka pertemuan tersebut, Soekirman mengisahkan pengalaman pribadinya mengenai banyaknya pertanyaan dan keheranan mengenai latar belakanganya sebagai suku Jawa, namun malah mengetahui cukup luas budaya Batak bahkan tergolong fasih berbahasa Batak Toba dan Karo.
Soekirman mengungkapkan, pengetahuan tersebut merupakan hasil dari pengalaman interaksinya dengan banyak orang dari kalangan suku batak sejak muda. Penghormatannya terhadap budaya batak juga mempermudah keinginannya untuk mengetahui lebih banyak.
“Banyak dari aspek budaya Batak yang masih dapat dikupas, nilai-nilai luhur suku Batak yang masih eksis di hadapan modernisme membuktikan jika nilai-nilai tersebut bersifat universal dan teruji zaman,” ungkap Bupati.
Sementara dalam sambutannya Ketua Dewan Pembina Yayasan Pelestari Budaya Batak Jim Siahaan mengatakan Bupati Serdang Bedagai dilahirkan sebagai seorang berdarah jawa, meski demikian tidak mengurangi minatnya terhadap budaya lain. Dikenal peduli dan sangat menghormati budaya Batak, hal ini sangat diapresiasi oleh Yayasan Pelestarian Budaya Batak yang kemudian menganugerahkan penghargaan kepada Bupati Sergai bertepatan dengan pengukuhan Yayasan Pelestarian Budaya Batak yang rencananya akan dilaksanakan pada 21 Juli 2019 mendatang.

“Reputasi Bupati Serdang Bedagai Soekirman sebagai sosok yang bukan berdarah Batak tetapi peduli akan budaya batak (ale-ale) inilah yang menjadi perhatian dari Yayasan Pelestari Budaya Batak dan menilai Bupati Serdang Bedagai telah berkontribusi terhadap pelestarian budaya batak terlebih lagi, mengingat dewasa ini pemikiran materialistik menggerus kepedulian generasi muda khususnya etnis Batak terhadap budaya asal,” kata Jim Siahaan.
Audensi diisi dengan sesi tukar cinderamata berupa buku-buku budaya hasil kajian para akademis dan praktisi budaya Batak dan diakhiri dengan foto bersama.
(willy)
Share:
Komentar

Berita Terkini