Personil Kodam I/BB dan Polda Sumatera Utara Siap Amankan Putusan Pemilu 2019

Media Apakabar.com
Selasa, 21 Mei 2019 - 13:18
kali dibaca
Personil Kodam I/BB dan Polda Sumatera Utara Siap Amankan Putusan Pemilu 2019
Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan masing-masing Satgas Pam.(doc:apakabar)
Mediaapakabar.com-Personil Kodam I/Bukit Barisan dan Polda Sumatera Utara dinyatakan siap untuk mengamankan kondusifitas wilayah menyusul diumumkannya hasil penghitungan suara manual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

"Kesiapan pasukan pengamanan ini sebagai manifestasi dari bakti TNI-Polri untuk Negeri Indonesia tercinta," kata Pangdam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhilah melalui Dandim 0201/BS, Kolonel Inf Yuda Rismansyah, saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan hasil KPU di Lapangan Benteng Medan, Selasa (21/5/2019).

Dalam amanat tertulisnya, Pangdam I/BB menyampaikan, diketahui bersama bahwa saat ini merupakan masa-masa terakhir tahapan pemilihan umum tahun 2019. Yaitu pengumuman hasil Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum, tepatnya pada tanggal 22 Mei 2019 esok hari.

Di beberapa wilayah, khususnya di ibukota Jakarta, situasi menunjukkan peningkatan keamanan yang cukup signifikan menjelang pengumuman KPU.

Hal ini tentu berpengaruh terhadap situasi keamanan secara nasional. Terlebih lagi saat ini Bangsa Indonesia menjadi sorotan dunia terkait pelaksanaan Pemilihan Umum serentak pada tanggal 17 April 2019 yang lalu.

Ancaman terhadap keamanan wilayah merupakan ancaman yang dapat menjatuhkan kehormatan dan kedaulatan negara, martabat serta kewibawaan pemerintah.

Oleh karenanya, untuk mengantisipasi berbagai potensi ancaman tersebut, TNI-Polribersama institusi terkait perlu menyelenggarakan operasi pengamanan secara terpadu dan sistematis.

Personil Kodam I/BB dan Polda Sumatera Utara Siap Amankan Putusan Pemilu 2019
Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan masing-masing Satgas Pam,(doc:apakabar)

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan masing-masing Satgas Pam secara keseluruhan, baik personil, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya," tegas Pangdam I/BB.

"Saya selaku salah satu unsur pimpinan TNI-Polri di wilayah ini harus dapat meyakini bahwa  tiap-tiap Satgas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi," tukas Pangdam I/BB lagi.

Dijelaskan Pangdam I/BB, apel gelar pasukan ini menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan, mulai dari H-1 sampai dengan selesainya seluruh tahapan Pemilihan Umum tahun 2019.

Pangdam I/BB berharap pada pelaksanaan pengamanan ini agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerja sama yang terencana terarah dan terkendali, dengan tetap berpedoman pada pengamanan Pemilu agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses.

Turut hadir di acara, antara lain Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andianto, Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, Wakapoldasu, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Danlantamal I Belawan, Laksma TNI Ali Triswanto, Pangkosekhanudnas III, Marsma TNI Djohn Amarul SAB, Danlanud Soewondo Medan, Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang Hartanto, dan para PJU Kodam I/BB dan Polda Sumut. (dn)

Sumber: Pendam I/BB
Share:
Komentar

Berita Terkini