Pemkab Serge Mulai Memanfaatkan TIK Untuk Menjalankan Kegiatan Pemerintahan

Media Apakabar.com
Kamis, 22 November 2018 - 11:13
kali dibaca
 Sosialisasi dan Pembinaan TIK Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (21/11).foto-apakabar/wily
Mediaapakabar.com-Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis saja, akan tetapi juga dirasakan oleh bidang pemerintahan.

Seluruh pemerintah daerah tingkat kabupaten atau kota dan pemerintah tingkat provinsi di Indonesia mulai memanfaatkan TIK untuk menjalankan kegiatan-kegiatan pemerintahan.

Sambutan tertulis Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Soekirman yang dibacakan Asisten Pemerintahan Umum Herlan Panggabean pada acara Sosialisasi dan Pembinaan TIK Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (21/11).

Hadir dalam kediatan Kadis Kominfo Sergai H Ikhsan, AP, M.Si beserta jajaran, Kepala OPD, para peserta sosialisasi user/admin OPD serta narasumber.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan ditujukan untuk meningkatkan hubungan pemerintah, dalam hal ini lembaga yang bersangkutan dengan pihak-pihak lain.

Terdapat tiga bentuk hubungan yang dikenal dalam pemanfaatan TIK  bidang pemerintahan yaitu Government to Civil (G2C), Government to Business (G2B), serta Government to Government (G2G).

Pemanfaatan TIK untuk hubungan pemerintah dengan masyarakat (G2C) adalah pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan luas. misalnya, pemanfaatan untuk melayani administrasi dan urusan kependudukan.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan yang juga Kabid Penyelenggaraan E-Government Mhd. Fadhil Isa, melaporkan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi serta membuka pola fikir dan paradigma ASN dilingkungan Pemkab Sergai dalam memaksimalkan pemanfaatan IT.

Satu Data Serdang Bedagai Mutlak diperlukan untuk Pembangunan Akuntabel.

Kadis Kominfo Sergai H Ikhsan,memaparkan tentang Satu Data Serdang Bedagai yang saat ini sedang digaraf dan merupakan Proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat II Tahun 2018.

Bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin canggih, apalagi kita telah memasuki era revolusi industri 4.0 dan sebagai ASN kita harus bisa mengikuti perkembangannya khususnya terkait dengan data.

Dengan demikian data sangat penting dalam pengelolaan suatu organisasi atau pemerintahan.

“ Saat ini seringkali kita temukan data yang disajikan ke publik tidak sinkron.padahal data tersebut bersumber dari instansi yang sama,menjawab tantangan ini lah,Dinas Kominfo Kabupaten Sergai berinovasi menciptakan Portal Satu Data Serdang Bedagai, “.

Dijelaskan oleh Ikhsan bahwa inovasi proyek perubahan ini mendapat dukungan dari Bupati Sergai H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya serta OPD.

“ Satu Data Serdang Bedagai ini sangat penting karena akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah atau stakeholder dalam mengambil suatu keputusan/kebijakan,” ujarnya.

Akan tetapi lanjut Ikhsan, pada tahun 2018 ini masih memfokuskan pada 3 (tiga)  bidang yakni pertanian,kesehatan dan pendidikan.

Namun di tahun 2019 akan lebih serius lagi menangani hal ini untuk menjawab tantangan yang dibutuhkan.

Dengan demikian Kadis Kominfo mengajak seluruh peserta yang hadir untuk menggeser paradigma dan menjadi agen perubahan dalam mengikuti perkembangan teknologi, pungkas Ikhsan. (Willy)
Share:
Komentar

Berita Terkini