MUI Terima Maaf Pendeta Gilbert, Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Media Apakabar.com
Kamis, 18 April 2024 - 23:20
kali dibaca
Pendeta Gilbert Lumoindong saat bertemu pimpinan MUI, Selasa (16/4/2024). (Int)

Mediaapakabar.com
- Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerima permohonan maaf Pendeta Gilbert Lumoindong soal khotbahnya yang viral di media sosial dianggap menyinggung umat Islam. 

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH Cholil Nafis menyampaikan, kehadiran Gilbert merupakan inisiatifnya sendiri. 

Menurut Cholil, Gilbert telah menyadari bahwa MUI adalah rumah besar Umat Muslim sehingga ia hadir untuk memaparkan kronologis dan isi lengkap khotbahnya yang menimbulkan kegaduhan itu. 

" Ia menyatakan tak ada niatan untuk menghina ajaran Islam apalagi menciptakan perpecahan," sebutnya pada Rabu (17/04/2024). 

" Pendeta Gilbert datang ke MUI untuk meminta maaf kepada umat Islam dan umat beragama atas tindakannya yang kurang berkenan dan menyinggung perasaan umat Islam dan umat beragama," sambungnya.

Usai mendengar penjelasan Gilbert, MUI mengambil kesimpulan bahwa kegaduhan itu tercipta lantaran video telah disunting atau diedit sehingga makna penyampaiannya tak tersalurkan secara utuh. 

" Kami sebagai ummat beragama tentu menerima permohonan maafnya. Kami semua memaafkan seraya kami meminta agar kejadian itu menjadi pelajaran baginya dan bagi kita semua," imbuhnya. 

Dia juga menegaskan, kasus itu harus dijadikan pelajaran agar apa yang disampaikan saat khotbah atau ceramah tidak perlu membandingkan keyakinan agama lain, apalagi sampai mengolok-oloknya. 

" Demi menjaga terjadinya kesalahpahaman mari untuk ke depan kita rajut keutuhan, persaudaraan dan persatuan antar ummat beragama serta saling menghormati keyakinan masing-masing kita demi menjaga kerukunan," pungkasnya. (MC/VC)

Share:
Komentar

Berita Terkini