Soal Pilpres 2024, Menkominfo: Penciuman Saya, Rakyat Maunya Satu Ronde

REDAKSI
Sabtu, 02 Desember 2023 - 15:56
kali dibaca
Ket Foto: Menkominfo Budi Arie.

Mediaapakabar.com
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membicarakan pentingnya pemilu berjalan damai tanpa ada hoax hingga fitnah. Budi menyebut pihaknya mendapat aspirasi publik soal Pemilu 2024 berlangsung satu putaran untuk mengurangi konflik.

Hal ini disampaikan Budi saat menjadi panelis dalam acara Total Politik bertajuk 'Tadarus Politik' di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (1/12/2023).


"Ya memang data kami di Kementerian Kominfo hoaks di tahun 2019 itu banyak sekali. Sekarang udah menjelang (pemilu) tiga bulan ini jumlahnya masih relatif normal. Kita juga mengharapkan terus mengimbau bahwa jangan ada hoax, fitnah, ujaran kebencian, sama satu lagi jangan merendahkan martabat orang lain," kata Budi.


Budi mendorong gelaran Pemilu 2024 diisi dengan padat gagasan ide dan program alih-alih memperuncing perbedaan antar kubu capres. Budi kemudian mengaku mendapat aspirasi publik agar pemilu berlangsung satu putaran.


"Kita Indonesia berdemokrasi, tarung ide, adu program aja, begitu kan. Biar masyarakat melakukan pilihan lebih sehat. Tapi menurut hemat kami mudah-mudahan ada kebijaksanaan dari semua kandidat karena kita sadar bahwa ini tuh perbedaan hanya 14 Februari, setelah itu kan sebagai bangsa harus bersama," kata pria yang juga Ketua Umum Relawan Pro-Jokowi (Projo).


"Ya kita kan mengharapkan, aspirasi yang berkembang kan 14 Februari itu pemilu, kalau putaran kedua kan 26 Juni. Aspirasi yang berkembang udahlah one round aja," lanjutnya.


Panelis lainnya, jurnalis senior TEMPO Bambang Harymurti, berpendapat bahwa pemilu dua putaran justru akan membuat pihak-pihak berdamai karena menggabungkan kekuatan untuk menang. Merespons itu, Budi menyampaikan asumsinya bahwa pemilu akan tetap berlangsung satu putaran.


"Gini loh, kalau soal satu ronde, dua ronde udahlah, haknya rakyat. Terserah rakyat di 14 Februari 2024. Tapi kok feeling saya, penciuman saya, rakyat maunya satu ronde, ha-ha-ha," ujar Budi. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini