Dijual Cuma Seharga Rp 1 Juta, Kini iPad Murah Baim Wong Dicurigai Bea Cukai

REDAKSI
Jumat, 29 Desember 2023 - 14:20
kali dibaca
Ket Foto: Misteri sumber ipad murah Rp1 juta yang dijual Baim Wong. Setelah pamer ipad murah seharga Rp1 juta, sumber ipad yang rencanakan akan dijual Baim Wong tersebut ditelusuri

Mediaapakabar.com
Misteri sumber ipad murah Rp1 juta yang dijual Baim Wong. Setelah pamer ipad murah seharga Rp1 juta, sumber ipad yang rencanakan akan dijual Baim Wong tersebut ditelusuri.

Kini, Baim Wong juga menjadi sasaran Bea Cukai karena menjual ipad seharga Rp1 juta tersebut.


Lantas, darimana sumber ipad murah yang rencananya ingin dijual Baim Wong?


Baim Wong menegaskan pembelian iPad dan akan dijual dengan harga Rp 1 juta dibelinya bukan dari pasar gelap atau secara ilegal.


"Jadi gini loh kalau masih menanyakan iPad, itu sumber resmi," tegasnya.


Baim mengaku membeli langsung dari orang pertama dan sumbernya dipercaya.


Ia memiliki rekan kerja yang bisa menghubungkan langsung dengan sumber resmi.


"Saya menelusuri dulu benar apa enggak kan pakai nama saya, saya ga mau salah salah," ucapnya.


Suami Paula Verhoeven ini menyayangkan ada fitnah yang menyerang dirinya, dimana ia tidak membayar administratif guna mendatangkan banyak iPad yang akan dijual seharga Rp 1 juta.


"Saya liat orang posting ini dan itu, saya tidak membalas saya melihat dan mendengarkan, saya takut aja. Saya dibilang tidak membayar apakah itu, itu disayangkan," jelasnya.


"Lalu muncul berita menyudutkan dan fitnah, saya mencoba membantu tapi jadi gini mau gimana, bingung juga," tambahnya.


Hingga kini, Baim Wong belum menjual iPad seharga Rp 1 juta itu kepada banyak orang. Ia masih membaca situasi dan kondisinya terlebih dahulu, karena takut untuk bertindak.


"Tapi akhirnya saya sadar yaudah kalau meresahkan gausah. Lihat nanti lah, sementara ini banyak yang menginginkan iPad. Niat saya cuma membantu," ujar Baim Wong.


Sebelumnya, berawal dari unggahan Baim Wong yang berencana menjual iPad dengan harga Rp 1 juta di Instagram dan TikTok. Di dua media sosial itu Baim Wong mengatakan, dirinya akan menjual perangkat elektronik keluaran Apple itu dengan harga Rp 1 juta.


Terlihat, Baim Wong menunjukkan sejumlah kardus berisikan sejumlah iPad yang hanya dibungkus plastik.


"Siapa yang bilang iPad mahal hayo? Enggak. Saya kasih harga murah Rp 1 juta," ujar Baim Wong dikutip di akun resmi media sosialnya, dikutip Rabu (27/12/2023).


Unggahan tersebut kemudian menuai kontra dari netizen. Asal iPad yang akan dijual Baim Wong pun dipertanyakan.


Netizen menduga, iPad yang akan dijual merupakan barang bekas yang diolah kembali atau refurbished dan diimpor dari luar negeri.


"Ga ada ceritanya bisa impor elektronik bekas. Izin dan prosesnya bukan main," tulis akun X dengan nama @luc*****.


Baim Wong buka suara. Ia bingung harus menanggapinya, karena dirinya ingin membantu masyarakat, yang kesulitan membeli iPad karena harganya cukup mahal.


"Kalian tahu sendiri lah, saya saat ini sedang usaha membantu kalian," kata Baim Wong ketika ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Rabu (27/12/2023).


Baim pun kebingungan niat membantunya malah dianggap meresahkan banyak orang.

Bahkan, yang tak habis pikirnya ia diadukan ke Bea Cukai.


"Bingung ya apa yang kita niatin gak sesuai harapan orang. Apa ya digoreng Mulu bingung saya juga," ucapnya.


Karena ramainya hal tersebut, suami Paula Verhoeven itu pun belum jadi menjual iPad seharga Rp 1 juta itu. Niatnya, ia akan menjual secara langsung dari live Instagram.


"Ya apa yang kita lakuin kalian tau sendiri, kita juga bingung gimana. Kalau ternyata usaha kita yang tadinya mau bantu justru meresahkan orang, ya gak mau maksain," jelasnya.


"Tapi akhirnya saya sadar ya udah kalau meresahkan gausah," sambungnya.


Kendati demikian, Baim Wong masih memikirkan masak-masak niatnya menjual iPad harga Rp 1 juta dilaksanakan atau tidak.


"Lihat nanti lah, sementara ini banyak yang menginginkan iPad. Niat saya cuma membantu," pungkasnya.


Bakal Ditelusuri Bea Cukai

Pihak Direktorat Jenderal Bea Cukai disebut akan melakukan penelusuran di lapangan hingga ke Baim Wong, terkuat iPad yang akan dijual ayah Kiano Tiger Wong ini Rp 1 juta.


Dilansir dari akun akun resmi X Staf Khusus Menteri Keuangan Yustinus Prastowo mengaku telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan.


Pihak Bea Cukai disebut akan melakukan penelusuran ke lapangan terkait hal tersebut.


"Terima kasih informasinya. Kami berkoordinasi dengan rekan2 DJBC untuk memastikan fakta lapangan," tulis Yustinus melalui akun resmi X-nya.


Sementara itu, Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa DJBC Kementerian Keuangan Nirwala Dwi Heryanto menyebutkan, pihaknya telah menerima informasi terkait rencana Baim Wong menjual iPad dengan harga murah.


Oleh karenanya, DJBC tengah melakukan penyelidikan terkait asal barang tersebut.


"Kita sedang telusuri," ucapnya.


Terkait hal ini Baim Wong mengaku tak tahu sampai akhirnya niat menjual iPad seharga Rp 1 juta, akan ditelusuri oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai. "Jujur saya nggak tahu apa-apa," kata Baim Wong. (TRB/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini