Profil Sekjen DPP Hanura Kodrat Shah, Paman Ijeck yang Meninggal Dunia

REDAKSI
Kamis, 30 November 2023 - 23:45
kali dibaca
Ket Foto: Kabar duka datang dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah. Kodrat meninggal dunia hari ini, Kamis (30/11/2023).

Mediaapakabar.com
Kabar duka datang dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Hanura Kodrat Shah. Kodrat meninggal dunia hari ini, Kamis (30/11/2023).

Kabar tersebut disampaikan oleh mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah atau Ijeck lewat akun resminya di Instagram.


"Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un. Allahumma firlahu warhamhu wa'afihi wa'fuanhu. Telah berpulang ke Rahmatullah orang tua kami, paman kami Kodrat Shah bin H. Gulrang Shah hari ini," tulis Ijeck, Kamis (30/11/2023).


Kodrat sendiri merupakan paman dari Ijeck. Dirinya sudah lama berkiprah di dunia politik dan sebelum menjabat sebagai Sekjen DPP Hanura, ia sempat mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) pada 2019.


Biodata Singkat Kodrat Shah


Nama Lengkap: Kodrat Shah


Tempat/Tanggal Lahir: Simalungun, Sumatera Utara, 2 November 1961


Meninggal: Jakarta, 30 November 2023


Almamater: Universitas Sumatera Utara


Jabatan terakhir: Sekretaris Jenderal DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) periode 2021-2024


Lahir di Simalungun, 2 November 1961, Kodrat Shah merupakan seorang politikus asal Sumatera Utara. Dirinya merupakan putra dari pasangan Gulrang Shah dan Syarifah.


Nama Kodrat dikenal lewat kontribusinya sebagai Sekjen DPP Partai Hanura. Namun, bukan dirinya saja yang sukses di dunia politik.


Merupakan salah satu anak laki-laki dari 16 bersaudara, Kodrat memiliki kakak laki-laki tertua bernama Musannif atau lebih dikenal dengan panggilan Haji Anif.


Haji Anif adalah pengusaha terkenal di Sumut. Ia dikaruniai 10 anak, yang salah satunya adalah Ijeck. Ini lantas membuat Ijeck punya hubungan saudara dengan Kodrat Shah.


Saudara Kodrat lain, Rahmat Shah, juga sukses sebagai pengusaha, filantropis, hingga politisi. Ia merupakan anggota DPD RI sekaligus ayah dari artis papan atas Indonesia, Raline Shah.


Pada 2004, Kodrat mengikat janji suci dengan Karmila Iskandar. Dari pernikahan keduanya, mereka memiliki 3 orang anak.


Perjalanan Karier Kodrat Shah


Sebelum mengemban jabatan terakhirnya sebagai Sekjen DPP Partai Hanura, Kodrat Shah ini pernah menjabat sebagai Ketua DPD Partai Hanura Sumut. 


Posisi itu ia dapatkan atas rekomendasi dari Ketua Umum DPP Partai Hanura kala itu, Oesman Sapta Odang (OSO).


Pada Pemilu 2019, ia pernah mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI Partai Hanura untuk daerah pemilihan Sumut 1. Hanya saja, dirinya tak terpilih waktu itu.


Meskipun gagal maju sebagai anggota legislatif, Kodrat Shah dipercaya oleh Oesman Sapta Odang untuk menjadi Sekjen DPP Partai Hanura periode 2021-2024.


Penunjukannya itu berdasarkan Surat Keputusan DPP Partai Hati Nurani Rakyat no. 202/B.2/DPP-HANURA/X/2021, tanggal 1 November 2021. Dirinya menggantikan posisi Gede Pasek Suardika yang mengundurkan diri.


Bersamaan dengan jabatannya di Hanura, pria kelahiran 1961 ini juga merupakan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Sumatera Utara periode 2022-2027.


Selain berkarier di dunia politik, Kodrat Shah juga punya pengaruh di dunia persepakbolaan, khususnya di wilayah Sumut. Pada 2022, namanya tercatat kembali menjadi Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk periode 2022-2026. (DTS/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini