Jokowi Resmi Lantik Maruli Simanjuntak Jadi KSAD

REDAKSI
Rabu, 29 November 2023 - 15:08
kali dibaca
Ket Foto: Jokowi Resmi Lantik Letjen Maruli Simanjuntak sebagai KSAD.

Mediaapakabar.com
Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada Rabu (29/11/2023). 

Posisi KSAD sebelumnya kosong setelah Agus Subiyanto diangkat menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.


Adapun pelantikan tersebut digelar berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 /TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.


Pengambilan sumpah jabatan dan janji terhadap Letjen TNI Maruli Simanjuntak dilakukan di Istana Negara sekitar pukul 14.00 WIB.


“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.


“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit. Kiranya Tuhan menolong saya,” lanjut Presiden Jokowi.


Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan. Menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan itu juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal TNI.


Adapun kenaikan pangkat Maruli Simanjuntak telah didasarkan pada surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 /TNI/Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.


Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pelantikan tersebut antara lain Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg), Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.


Hadir juga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto.


Selain itu, dari jajaran legislatif, hadir dalam pelantikan tersebut, Wakil Ketua MPR RI Syarif Hasan dan Yandri Susanto, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, dan Ketua Komisi 1 Meutya Hafid.


Sedangkan hadir sebagai saksi yaitu Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin. (IDN/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini