Ini 5 Cara Jual Uang Koin Rp1.000 Gambar Kelapa Sawit, Bisa Dihargai Ratusan Juta Rupiah

REDAKSI
Senin, 03 Juli 2023 - 17:22
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Menjual uang jadul seperti uang koin pecahan Rp1.000 bergambar kelapa sawit bisa dilakukan dengan 5 cara di bawah ini.

Terlebih lagi, uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit ini bisa dibilang cukup langka. Uang koin Rp1.000 gambar kelapa sawit masih berlaku hingga saat ini.


Bank Indonesia (BI) menerbitkan uang ini pada 8 Maret 1993 dengan aturan emisi 2010. Bahan dari uang koin Rp1.000 ada dua jenis yakni lingkar luar berbahan Cupro Nikel dan Lingkar dalam berbahan Aluminium Bronze.


Uang Rp1.000 kelapa sawit memiliki berat 8,60 gr, dengan diameter lingkar luar: 26,00 mm dan lingkar dalam: 18,00 mm. uang ini memiliki ketebalan 2,40 mm dan mempunyai warna putih dan kuning.


Dengan bagian muka Relief teks: BANK INDONESIA; Relief gambar: Burung Garuda. Memiliki sisi bergerigi.


Sementara bagian belakang Relief teks: Kelapa Sawit; Relief gambar; Pohon Kelapa Sawit; Relief angka:1000.


Lalu benarkah uang Rp1.000 kelapa sawit harganya sampai ratusan juta Rupiah?


Pada medio 2021, Masyarakat dihebohkan dengan fenomena uang jadul dijual dengan harga selangit hingga Rp100 juta di marketplace atau dijual secara online.


Berikut ini 5 cara menjual uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit seperti dilansir dari Okezone, Jakarta, Rabu (28/6/2023):


1. Jual ke komunitas penggemar uang kuno


Cara pertama bisa menjual ke komunitas penggemar uang kuno. Di dalamnya terdapat banyak kolektor dengan preferensi berbeda. Maka dari itu, pastikan memberikan deskripsi uang kuno secara detail beserta kondisinya. Biasanya penawaran akan bervariasi tergantung pada kebutuhan kolektor sendiri.


2. Jual ke Pedagang Uang Kuno


Cara kedua dengan menjual uang tersebut ke pedagang uang kuno. Menjual uang kuno ke pedagang biasanya ada di pinggir jalan atau sudut kota tertentu. Jika uang yang ditawarkan terbilang langka dan masih dalam kondisi bagus, maka harga jualnya pun akan tinggi.


3. Jual ke Kolektor Uang Kuno


Cara ketiga dengan bisa menjual uang kuno ke kolektor. Berbeda dengan komunitas, kolektor uang kuno bisa mendapatkan nilai jual yang tinggi tergantung bentuk dan uangnya.


4. Jual di Media Sosial


Cara keempat dengan menjualnya lewat media sosial. Akhir-akhir ini banyak masyarakat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun TikTok untuk berjualan.


5. Jual di E-commerce


Cara kelima dengan menjualnya lewat situs e-commerce. Pastikan detail dari uang kuno yang ditawarkan tertulis dengan jelas. Tak lupa juga gunakan kualitas foto paling baik dan tuliskan harga jualnya. (SC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini