Inggris Akan Gelar Rapat Internasional Bahas Kejahatan Perang Rusia

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 09 Januari 2023 - 08:30
kali dibaca
Ket Foto: Inggris ingin menggalang dukungan internasional pada pengadilan khusus yang bakal menginvestigasi dugaan kejahatan perang Rusia di Ukraina. (AFP/DIMITAR DILKOFF)

Mediaapakabar.com
Menteri Kehakiman Inggris Dominic Raab bersama perwakilan Belanda akan menggelar pertemuan menteri kehakiman dari seluruh dunia di London untuk membahas dugaan kejahatan perang Rusia di Ukraina.

Pertemuan itu bakal mendukung penyelidikan Pengadilan Kriminal Internasional (International Criminal Court's/ICC).


Dikutip dari CNN, pemerintah Inggris menyatakan rapat ini bertujuan meningkatkan dukungan keuangan dan praktis global yang ditawarkan pada ICC dan mengkoordinasikan upaya memastikan investigasi dan pengadilan bisa terlaksana.


"Hampir setahun setelah invasi ilegal, komunitas internasional harus memberi dukungan terkuatnya kepada ICC sehingga penjahat perang dapat dimintai pertanggungjawaban atas kekejaman yang kita saksikan," kata Raab dalam pernyataan Inggris.


Jaksa ICC Karim Khan akan memberi pidato di pertemuan ini, memberi wawasan tentang cara kerja pengadilan dan peran komunitas internasional mendukung investigasi.


Pada pekan ini politisi Inggris dari berbagai latar belakang politik menyatakan dukungan untuk pembentukan pengadilan khusus buat menyelidiki 'kejahatan agresi' Rusia di Ukraina.


Proposal itu mendapat dukungan dari politisi Inggris, termasuk pemimpin oposisi Keir Starmer, mantan pemimpin partai Konservatif dan anggota parlemen lain. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini