Waspada Penipuan Catut Nama PLN, Ini Ciri-cirinya

Aris Rinaldi Nasution
Jumat, 30 Desember 2022 - 10:45
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi.

Mediaapakabar.com
Penipuan oleh oknum yang mengatasnamakan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN kian marak belakangan ini.

Salah satu modus yang dilakukan oleh oknum adalah dengan membuat akun di mesin pencarian daring dengan mengatasnamakan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan tertentu, kemudian menyertakan nomor seluler milik perorangan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mengakses layanan PLN agar langsung menggunakan aplikasi PLN Mobile atau telepon melalui Contact Center 123.


"PLN mempunyai jalur resmi melalui PLN Mobile atau telepon 123 yang sangat mudah untuk dijangkau, saya himbau pelanggan tidak menghubungi nomor lain untuk mengakses PLN, apalagi itu nomor HP orang pribadi yang ada di mesin pencarian di internet," kata Doddy di Jakarta, Kamis (29/12/2022).


Doddy menambahkan, di antara akun bisnis yang dibuat oleh oknum penipuan yaitu alamat PLN UP3 Bintaro dan PLN Area Bintaro. Pada kedua alamat tersebut ada nomor seluler perorangan yang dicantumkan dan terindikasi melakukan aksi penipuan.


"Saat ini PLN telah berkoordinasi dengan pihak penyedia akun bisnis di mesin pencarian daring untuk menyelesaikan permasalah ini, harapannya tidak ada lagi masyarakat yang tertipu oleh oknum tersebut," ungkap Doddy.


Kemudian, dalam transaksi keuangan untuk setiap permohonan seperti pemasangan baru atau tambah daya, PLN selalu menggunakan nomor resgister yang bisa dibayarkan melalui bank atau mobile banking. 


Harga yang diberikan untuk setiap transaksi juga transparan. Pelanggan bisa melihat simulasi perhitungan biaya melalui aplikasi PLN Mobile jika ingin melakukan pasang baru listrik, tambah daya, maupun pemasangan listrik sementara.


"Layanan PLN itu ada standar harganya, ada acuannya dan transparan, kalo ada yang minta transfer ke rekening pribadi harap dihiraukan saja, silahkan lewat jalur resmi untuk mendapat layanan PLN," ujar Doddy. (MDK/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini