Pensiunan PTPN II Buat Laporan ke Poldasu dan Pomdam I/BB Terkait Kasus Dugaan Perusakan

REDAKSI
Selasa, 23 November 2021 - 01:09
kali dibaca
Ket Foto : Pensiunan PTPN II melakukan pelaporan dan pengaduan ke Polisi Daerah (Polda) Sumatera Utara dan Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) I/Bukit Barisan.

Mediaapakabar.com
Akibat adanya perusakan yang diduga dilakukan secara bersama-sama oleh pihak PTPN II, beberapa oknum TNI dan oknum Camat Labuhan Deli serta Kepala Dusun, pada tanggal 8 Nopember 2021 yang lalu, Pensiunan PTPN II melakukan pelaporan dan pengaduan ke Polisi Daerah (Polda) Sumatera Utara dan Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) I/Bukit Barisan.

“Iya kita sudah laporkan para oknum – oknum diduga suruhan PTPN II, yang melakukan perusakan secara bersama-sama tanaman milik pensiunan yang selama ini berada di tanah dan dirawat oleh pensiunan yang sudah menempati rumah selama puluhan tahun lamanya. Bukan bermaksud membalas dendam namun agar tidak ada lagi tindakan kesewenang wenang terhadap Pensiunan ini maka sewajarnya sebagai pihak yang sangat dirugikan pensiunan sampaikan pengaduan ini ke Polda Sumatera Utara dan Pomdam I/Bukit Barisan,” kata kuasa hukum pensiunan Mhd. Alinafiah Matondang selaku Kepala Divisi Sumber Daya Alam (SDA) Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, bersama Khairiyah Ramadhani, Senin, 22 November 2021.


Alinafiah Matondang yang biasa dipanggil Ali ini, menjelaskan bahwa surat tanda terima laporan polisi dengan Nomor: STTLP/1815/XI/2021/SPKT/Polda Sumatera Utara pada tanggal 22 November 2021 berisikan laporan/pengaduan tentang adanya dugaan peristiwa Pidana dalam UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 170 jo 406 yang diduga dilakukan oleh 20 orang hingga 30 orang dugaan suruhan pihak PTPN II yang dilakukan secara bersama-sama untuk melakukan perusakan tanaman dan pagar milik pensiunan di lokasi Jalan Melati Dusun I Desa Helvetia, Labuhan Deli, Deli Serdang, Sumatera Utara.


Selanjutnya juga, Ali menjelaskan bahwa sebelumnya pada tanggal 18 November 2021 lalu, pensiunan juga melaporkan oknum TNI yang terlibat dugaan perusakan ini sesuai surat tanda terima laporan pengaduan ke Pomdam I/BB dengan nomor : LP/08/XI/2021 dengan kejadian peristiwa yang sama dengan penerima laporan oleh Letda Cpm Abdul Hadi, S.E dengan diketahui oleh Kasi Idik Pomdam I/BB, Mayor Cpm. Huala Siregar, S.H., MM.


“Kemarin juga kita melaporkan oknum TNI yang diduga melakukan pengamanan atau pengawalan sehingga peristiwa perusakan secara bersama-sama di lokasi yang sama yang ditempati oleh para pensiunan dapat terjadi. Adanya kedua laporan ini, LBH Medan meminta kepada Kapoldasu dan Komandan Pomdam I/Bukit Barisan bisa menindaklanjuti kasus yang menimpa para pensiunan ini,” jelas Ali lagi bersama Bagus Satrio, SH, Doni Choirul, SH, Annisa Pertiwi, SH dan Fitriana, SH.


[cut]


Ket Foto : Pensiunan PTPN II melakukan pelaporan dan pengaduan ke Polisi Daerah (Polda) Sumatera Utara dan Polisi Militer Daerah Militer (Pomdam) I/Bukit Barisan.

Sebelumnya Ali menjelaskan bahwa peristiwa kejadian terjadi pada hari Senin tanggal 8 Nopember 2021 kemarin yang diduga dilakukan sejumlah oknum PTPN II, Oknum TNI, yang hadir bersama Oknum Camat dan oknum Kepala Dusun diduga melakukan perusakan lahan dan barang milik pensiunan.


Perusakan ini dilakukan secara bersama-sama oleh beberapa orang masyarakat yang tidak dikenal yang diduga suruhan PTPN II.


Bahwa walaupun perusakan ini dilakukan dengan alasan memindahkan pipa milik PGN namun tetap saja merupakan kesalahan dan perbuatan melawan hukum yang dapat dijerat dengan tuntutan pidana pasal 406 KUHP Jo. Pasal 170 KUHP. 


Sebab pemasangan pipa di lahan Pensiunan tanpa pemberitahuan dan izin si pemilik. Dan bila didalilkan ini pemindahan pipa gas, juga tidak pihak PGN dari pensiunan dan diduga tidak ada satupun personil PGN di lapangan.


Bahkan Ali juga menjelaskan soal lahan di Dusun I Desa Helvetia, Labuhan Deli, Deli Serdang yang saat ini masih ditempati oleh pensiunan adalah sudah eks atau bekas Hak Guna Usaha (HGU), serta diperkuat oleh data dan informasi atas surat DPRD Deli Serdang yang ditandatangani oleh Ketua DPRD Deli Serdang, Zakky Shahri, SH tanggal 13 Oktober 2021 dengan No.593/2496 perihal Permintaan Peta HGU No.111 kepada Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini