12 Negara Tutup Pintu dari Afrika Imbas Varian Omicron

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca

Ket Foto : Ilustrasi bandara. (Istockphoto/ShutterOK)



Mediaapakabar.comKemunculan varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529) makin menggemparkan dunia sejak ia pertama kali diumumkan beberapa waktu lalu.

Setelah awalnya ditemukan di Afrika Selatan, Botswana, dan Hongkong, berbagai kabar deteksi varian Omicron terus bermunculan di berbagai negara dunia.


Varian ini pertama kali ditemukan oleh otoritas kesehatan Afrika Selatan. Varian ini disebut memiliki hingga 10 mutasi dan disebut menjadi dalang peningkatan kasus di Afrika.


Penyebaran varian Omicron yang berasal dari Afrika Selatan tadi membuat berbagai negara dunia memutuskan menutup pintu bagi negara itu.


Dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu, 28 November 2021, berikut beberapa negara yang menutup pintu perjalanan untuk Afrika Selatan dan beberapa negara lainnya di kawasan imbas kemunculan varian Omicron:


1. Inggris

Inggris menjadi negara pertama yang mengumumkan larangan tersebut pada Kamis (25/11/2021) waktu setempat, dengan menghentikan sementara perjalanan dari Afrika Selatan dan beberapa negara tetangganya mulai Jumat (26/11/2021) kemarin.


Pemerintah Inggris mengaku khawatir varian baru Covid-19 yang jago bermutasi ini dapat menurunkan efektivitas vaksin.


2. Israel

Pada hari yang sama, Israel juga mengumumkan bahwa negaranya melarang warga untuk pergi ke Afrika Selatan. Selain itu, pendatang dari Afrika Selatan juga tak boleh memasuki Israel, seperti dilansir Reuters.


Pemerintah Israel juga melarang warganya untuk pergi ke negara-negara daftar merah, kecuali bila mendapatkan izin khusus dari Kementerian Kesehatan Israel.


Tak hanya itu, masyarakat yang baru datang dari negara-negara tadi harus melakukan karantina selama tujuh sampai 14 hari.


Israel bahkan melarang seluruh WNA masuk ke negaranya mulai Senin (29/11/2021) dini hari demi mencegah penyebaran Omicron setelah mendeteksi 1 kasus Covid-19 varian tersebut dan tujuh kasus suspek lainnya.


3. Jerman

Jerman hanya akan mengizinkan masuk warga Jerman yang berada di Afrika untuk kembali ke negara asalnya.


4. Australia

Australia melarang penerbangan dari sembilan negara Afrika selatan pada Sabtu (27/11/2021), memperketat perbatasannya untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 Omicron.


Warga non-Australia yang mengunjungi Afrika Selatan, Zimbabwe dan beberapa negara lain dalam dua minggu terakhir juga akan dilarang masuk Australia, kata Menteri Kesehatan Greg Hunt.


Warga negara dan penduduk yang bepergian dari negara-negara yang terdaftar harus dikarantina selama 14 hari.


5. Amerika Serikat

Amerika Serikat akan melarang perjalanan dari dan kedelapan negara Afrika. Delapan negara itu yakni Afrika Selatan, Botswana, Zimbabwe, Namibia, Lesotho, Eswatini, Mozambik, dan Malawi.


6. Brasil

Brasil juga menyatakan akan menutup perbatasannya untuk pelancong yang datang dari enam negara selatan Afrika. Keenam negara itu adalah: Afrika Selatan, Eswatini, Lesotho, Namibia, Botswana, dan Zimbabwe.


Pada Jumat (26/11/2021) waktu setempat, kepala staf Presiden Jair Bolsonaro mengatakan pembatasan ini untuk memerangi Covid-19 varian Omicron atau Botswana yang baru diidentifikasi dari virus corona.


"Brasil akan menutup perbatasan udaranya ke enam negara di Afrika karena varian virus corona baru," tulis Kepala Staf Ciro Nogueira dalam sebuah unggahan Twitter, seperti dikutip Reuters.



"Kami akan melindungi warga Brasil dalam fase baru pandemi di negara ini. Pemberitahuan resmi akan diterbitkan besok dan akan mulai berlaku pada hari Senin."


7. Bahrain

Bahrain menjadi salah satu negara yang ikut melarang masuknya pelancong dari Afrika Selatan pada Jumat (26/11). Selain Afrika Selatan, beberapa negara lain yang dilarang oleh Bahrain ialah Malawi, Mozambik, Angola dan Zambia.


Walaupun demikian, warga negara Bahrain dan orang yang memegang visa Bahrain masih diperbolehkan masuk ke negara ini.


8. Thailand

Thailand memutuskan untuk menutup perjalanan udara dari delapan negara Afrika yang dinilai berisiko tinggi menularkan varian baru covid-19 yakni, B.1.1.529 atau varian Omicron.


Pejabat Kesehatan Senior Thailand, Opas Karnkawinpong mengatakan, larangan masuk lewat jalur udara tersebut akan diterapkan pada pelaku perjalanan dari Botswana, Eswatini, Lesotho, Malawi, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan dan Zimbabwe pada Desember mendatang.


"Thailand tidak akan mengizinkan pelancong dari negara-negara ini untuk mendaftar dan melakukan perjalanan ke Thailand," kata Opas, Sabtu (27/11/2021), seperti dilansir dari Reuters.


9. Kanada

Kanada menutup perbatasan untuk semua orang asing yang telah berkunjung ke tujuh negara di Afrika selatan dalam 14 hari terakhir karena varian baru COVID-19 yang menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia.


Larangan tersebut berlaku untuk wilayah Afrika Selatan, Mozambik, Namibia, Zimbabwe, Botswana, Lesotho, dan Eswatini.


10. Singapura

Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) melarang masuk semua pelancong dengan riwayat perjalanan ke Botswana dan beberapa negara tetangganya baru-baru ini. Larangan ini akan berlaku mulai Sabtu (27/11/2021).


Selain Botswana, MOH juga melarang masuk pelancong dari Afrika Selatan, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.


Sebagaimana dilansir The Straits Times, penduduk yang kembali ke Singapura dari negara-negara tersebut juga harus melakukan karantina selama sepuluh hari di fasilitas khusus.


11. Kuwait

Kuwait akan menghentikan penerbangan langsung dari sembilan negara Afrika mulai Minggu (28/11/2021) karena kemunculan varian Omicron di Afrika Selatan. Sembilan negara yang dihentikan penerbangannya yakni Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho, Eswatini, Zambia, dan Malawi, dikutip dari Reuters.



12. Mauritius

Kementerian Luar Negeri Mauritius mengatakan negaranya akan menangguhkan semua penerbangan penumpang komersial dari Afrika Selatan pada Minggu (28/11). Penghentian ini dilakukan mengingat kemunculan varian Omicron yang kini menggemparkan dunia.


Pemerintah Mauritius juga menyampaikan, setiap penumpang yang telah mengunjungi Afrika Selatan, Namibia, Lesotho, Botswana, Eswatini dan Zimbabwe akan ditolak masuk atau transit di negara itu. (Reuters/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini