Taksi Terbang Bakal Beroperasi di Indonesia, Berapa Tarifnya?

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Taksi terbang EHang Biaya sewa taksi terbang EHang diklaim lebih murah dibanding transportasi udara lainnya. (Dok. EHang/detikcom)

Mediaapakabar.com
Importir kendaraan mewah, Prestige Image Motorcars, bakal mengoperasikan layanan taksi terbang EHang. Bahkan model EHang 216 saat ini sudah ada di showroom Prestige Image Motorcars, di Jakarta Utara. Jika sudah dioperasikan, berapa ya biaya sewa transportasi canggih ini?

Sebagai informasi, taksi terbang EHang merupakan kendaraan udara otonom (autonomous aerial vehicle) kelas penumpang berbasis listrik. Kendaraan ini diproduksi oleh Guangzhou EHang Intelligent Technology Co. Ltd, yang berbasis di China.


Khusus untuk pasar Indonesia, taksi terbang yang dibawa adalah model EHang 216, yang bisa menampung kapasitas dua penumpang, dengan jangkauan jarak tempuh hingga 60 kilometer ketika baterai terisi penuh.


Kemudian untuk biaya sewanya, pihak Prestige Image Motorcars memang belum menentukan tarif resminya. Namun jika dihitung secara kasar, tarif sewa taksi terbang EHang ini diklaim lebih murah dari tarif transportasi udara lainnya. 


Terlebih taksi terbang EHang ini hanya untuk pariwisata, yang durasi terbangnya cukup singkat, jadi ongkos sewanya ada di kisaran ratusan ribu rupiah.


"Harusnya untuk transportasi per 30 menit terbang itu Rp 880 ribu per orang bisa nempuh (jarak) 60 km. Kalau untuk pariwisata terbangnya 5 menit saja, belum di hitung, tapi masih kisaran ratusan ribu jadi sangat murah dibandingkan kendaraan udara lain," papar Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, detikcom, pada Kamis, 02 September 2021.


Rencananya bulan depan taksi terbang EHang 216 akan melakukan uji coba terlebih dahulu di Pulau Dewata, Bali. Rudy berharap uji coba taksi terbang ini bisa meningkatkan eksposur Bali sebagai tempat wisata kelas dunia, yang memiliki banyak pilihan transportasi kendaraan ramah lingkungan.


"Rencananya mau meningkatkan pariwisata Bali juga dengan produk ini, dan impact-nya mungkin bukan hanya nasional tapi internasional kalau nanti ada wisata baru di Bali seperti ini, yang murah dan ramah lingkungan," sambung Rudy.


Dalam acara uji coba dan peluncuran EHang 216 ini, rencananya akan dihadiri Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Selain itu, pihak Prestige Image Motorcars juga sedang berupaya menghubungi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, untuk bisa menghadiri acara ini.


"Yang pasti pak Bamsoet (Bambang Soesatyo) sangat mendukung ini, karena beliau sangat concern dengan energi ramah lingkungan dan mempunyai pola pandang visioner akan teknologi yang dapat memajukan Indonesia, mulai dari mobil listrik sampai heli-listrik ini. Kalau pak Menteri (Sandiaga Uno) sedang kami coba hubungi juga," jelas Rudy. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini