Bupati Taput Panen Perdana Padi Gogo Seluas 5 Hektar di Dusun II Sihatandohan Siborong-borong

REDAKSI
Rabu, 16 Juni 2021 - 20:25
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Taput Panen Perdana Padi Gogo Seluas 5 Hektar di Dusun II Sihatandohan Siborong-borong.

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si bersama Kepala BPS Taput Ester Sitorus di dampingi Asisten II Osmar Silalahi dan Kadis Pertanian Sondang Ey Pasaribu serta beberapa Pimpinan OPD terkait,  Panen Perdana Padi Gogo di Dusun II Sihatandohan Desa Pohan Julu Kecamatan Siborongborong, Rabu (16/06/2021). 

"Secara nasional pertumbuhan ekonomi telah minus 2,07 tetapi puji Tuhan untuk Tapanuli Utara pertumbuhan ekonomi masih 1,5 persen. Persoalan infrastruktur menjadi prioritas utama saya dalam upaya mendongkrak perekonomian. Sudah hampir tuntas, tetapi masih ada yang harus saya selesaikan, khususnya jalan utama," ujar Bupati mengawali. 


Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa gerakan menanam padi Gogo ini untuk memperkuat ketahanan Pangan dalam mewujudkan Taput sebagai lumbung pangan. 


"Kita juga turut ambil bagian dalam mensukseskan untuk kedaulatan Pangan. Adapun Panen Perdana Padi Gogo seluas 5 Ha ini memproduksi hasil sebanyak 22,5 Ton. ini hasil yang sangat baik sehingga jenis Padi Gogo ini akan kita kembangkan lagi," ujar Bupati mengakhiri. 


Kepala BPS Ester Sitorus menyampaikan bahwa hasil dari 5 hektar ini telah dilakukan ubinan sehingga hasilnya telah dihitung mencapai 4,5 ton/hektar. 


"Kami mencatat seluruh data data yang ada di desa untuk bergerak menghitung pertumbuhan ekonomi daerah kita. Jadi tolong dicatat semua lahan tidur yang telah digarap dan kita lakukan pengubinan hasil produksinya," ujar Ester mengakhiri.  


"Kepala Desa Pohan Julu Demak Simangunsong menyampaikan bahwa di masa kepemimpinan bapak Nikson Nababan  kami bisa banyak harapan karena perhatian bapak yang luar biasa di bidang pertanian, khususnya Infrastruktur pedesaan. Setelah pembenahan infrastruktur yang bapak Nikson lakukan, saat ini sudah hampir setiap hari mobil pick up mengangkut hasil pertanian seperti nanas dan hasil lainnya. Demak Juga menyampaikan permohonan bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS). Terimakasih atas perhatian Bapak Bupati yang luar biasa kepada rakyatnya," Demak mengakhiri. 


Penyuluh Pertanian OP. Purba pada kesempatan itu menyampaikan bahwa semua penyuluh sangat mendukung program bapak Bupati dalam mewujudkan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan. 


Tokoh masyarakat Sukkar Napitupulu dan Arlen Simanjuntak, juga Penggagas Bekas Marbun dan Ketua Kelompok Tani Ali Sagitarius Simanjuntak menyampaikan rasa syukur atas program ini. "Terimakasih amang, enam bulan lalu sudah bapak canangkan penanaman padi Gogo ini, sekarang kita panen seluas 5 hektar. Perhatian Bapak seperti perhatian bapak Presiden Jokowi kepada masyarakatnya. Teruslah memberikan hati yang tulus kepada kami rakyatmu," ujar Sukkar mengakhiri


Pengusaha Kopi Joko melalui PT. SSC memberikan bantuan 6000 batang bibit kopi kepada kelompok tani. "Untuk tahun ini kami menyalurkan 250 ribu batang bibit kopi dan sudah disalurkan," ujar Joko mengakhiri. 


Panen Perdana Padi Gogo seluas 5 Ha ini dengan hasil produksi hasil sebanyak 22,5 Ton adalah varietas si Medan. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini