Danrem 023/KS Buka Latihan Penanggulangan Bencana TA 2020

Media Apakabar.com
Senin, 14 Desember 2020 - 13:15
kali dibaca

Mediaapakabar.com
Sibolga – Wilayah Korem 023/KS merupakan salah satu wilayah rawan terjadi bencana alam. Oleh karena itu Korem 023/KS melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam agar seluruh prajurit mempunyai kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana alam di wilayah.

Demikian disampaikan Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, SH, MM, saat membuka Latihan Penanggulangan Bencana di Aula Gupala Makorem, Senin (14/12/2020).

Danrem 023/KS mengatakan, latihan ini sangat penting di dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Hal ini yang mendorong Korem 023/KS untuk melaksanakan latihan penanggulangan bencana secara terpadu.

“Untuk menyiapkan semua unsur dalam menangani bencana alam, sehingga dapat mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan kita secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya,” ucap Danrem.

Hal itu sesuai yang diamanatkan Undang-Undang RI No. 24 Tahun 2007 tentang Bencana Alam, khususnya pelibatan TNI dalam penanggulangan bencana yang diwadahi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Undang-undang RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat 2 bahwa, Tugas Pokok TNI dilaksanakan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)

Diantara tugas dalam OMSP adalah membantu Pemda untuk menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Maka kegiatan ini diharapkan untuk menjalin kerja sama yang baik, siapa berbuat apa serta terbinanya saling percaya,” tegas Danrem.

Hadir dalam acara pembukan antara lain Kepala Staf Korem 023/KS, Para Kasi Korem, Kabalakrem 023/KS, Kepala BPBD Tapteng, Katimsar Sibolga Tapteng.(dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini