|
Follow Us :

Jubir Pemerintah: Jika Semua Warga Pakai Masker, Penularan Corona Bisa Turun 1 Persen

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Pemerintah menekankan pentingnya seluruh masyatakat memakai masker selama masa pandemi virus corona (Covid-19). Pemerintah menyebut apabila semua warga disiplin memakai masker maka angka penularan corona dapat turun hingga 1 persen.

"Apabila semua menggunakan masker baik yang sakit maupun yang sehat maka akan penularannya itu bisa drastis turun sampai dengan 1%," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto dalam video conference, Minggu (10/5/2020) 
Menurut dia, orang tanpa gejala (OTG) sangat rentan menularkan virus corona apabila tidak memakai masker dan berada di lingkungan mastarakat. Bahkan, kata Yurianto, satu OTG berpeluang menularkan virus corona hingga 70 persen.
Namun, apabila OTG tersebut menggunakan masker maka penularannya bisa turun mencapai 5 persen. Sebab, droplet atau percikan ludah tertahan oleh maskernya.
"Sehingga tidak hanya menyerang langsung ke orang lain sehingga tidak mencemari benda-benda di sekitarnya," ucap dia.
Untuk itu, pemerintah meminta agar masyarakat disiplin menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Dengan begitu, angka penambahan corona dapat menurun setiap harinya.
"Kalau angka itu menurun artinya kita telah berhasil bersama-sama untuk mengurangi bukan untuk meniadakan penyakitnya, mengurangi jumlah orang yang terinfeksi yang baru," jelasnya.
"Namun kau langkanya meningkat, artinya kita telah membiarkan proses penularan ini terjadi lagi di tengah-tengah masyarakat," sambung Yurianto.
Sumber :Merdeka.com
Komentar

Berita Terkini