Pemerintah Korsel Salurkan Bantuan Kemanusiaan sebesar 500.000 USD untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia

armen
Jumat, 10 April 2020 - 14:10
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Pemerintah Korea Selatan telah memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan senilai 500.000 USD dengan tujuan mendukung Indonesia yang sedang menghadapi kesulitan dalam penanganan penyebaran Covid-19.

Bantuan kemanusiaan senilai 500.000 USD dalam bentuk in-kind tersebut meliputi alat tes (PCR test kit), dan 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) untuk pengendalian penyebaran Covid-19.

Dalam rilisnya yang diterima mediaapakabr.com,Jumat (10/4) kedutaan korea selatan merinci ,dari bantuan tersebut, 300 unit alat penyemprot (rechargeable battery power sprayer) telah terlebih dahulu tiba di bandara Soekarno-Hatta pada pukul 3:25 WIB hari Rabu, 8 April 2020.

 Alat tes (PCR test kit) dan peralatan tambahan lainnya akan dikirim ke Indonesia dalam waktu dekat.

Dikatakan, ditengah merebaknya wabah Covid-19 di seluruh dunia, keputusan pemerintah Korea Selatan tersebut diharapkan akan semakin mempererat hubungan kerja sama dan persahabatan antara Korsel dan Indonesia.

Indonesia yang merupakan mitra utama dalam New Southern Policy Korea Selatan menjadi satu-satunya negara di kawasan ASEAN yang  memiliki Special Strategic Partnership (Kemitraan Strategis Khusus) dengan Korea Selatan.

Kedua negara telah sepakat untuk meningkatkan hubungannya menjadi Special Strategic Partnership pada KTT yang digelar di Istana Bogor pada November 2017 lalu.

Saat ini banyak negara dari seluruh penjuru dunia terus mengajukan permintaan kepada Korea Selatan untuk dapat berbagi pengalaman mengenai penanganan penyebaran Covid-19 dan penyaluran bantuan pengendalian penyebaran wabah tersebut beserta peralatan kesehatan.

Keputusan Korea Selatan untuk memberikan bantuan kepada Indonesia menjadi bukti eratnya hubungan kedua negara.

Disebutkan, selain bantuan dari Pemerintah Korsel, perusahaan-perusahaan Korea Selatan yang beroperasi di Indonesia turut serta dalam menyalurkan bantuan dengan memberikan sumbangan bagi Indonesia dalam penanganan Covid-19.

LG Group telah menyumbang alat tes (untuk pemeriksaan sebanyak 500.000 kasus). Bantuan LG Group tersebut telah tiba di Jakarta. Korea Midland Power (KOMIPO) juga berencana mengirimkan APD(Alat Pelindung Diri) senilai 100.000 USD ke Indonesia. Sejumlah  perusahaan asal Korsel lain juga sedang merencanakan pemberian bantuan ke Indonesia.

Kedutaan Besar Korea Selatan menambahkan akan terus bekerja sama secara intensif dengan Pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19.(rel)



Share:
Komentar

Berita Terkini