|
Follow Us :

PDP yang Melahirkan di RSUD Labuhan Batu Dirujuk ke Medan

Kali Dibaca

Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Mediaapakabar.com-Pasien dalam pengawasan (PDP) yang baru saja melahirkan di RSUD Rantau Prapat, Labuhan Batu, Sumut, segera dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Medan. Perempuan 44 tahun ini diharapkan dapat menjalani pemeriksaan dan penanganan medis yang lebih baik lagi.

Direktur Utama RSUD Rantau Prapat Syafril Harahap, Syafril, mengatakan pasien itu harus dirujuk ke Medan karena kualitas sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit daerah kurang memadai. Bahkan mereka tidak bisa mengambil sampel swab tenggorok untuk dikirimkan ke Medan.

"Di kita belum ada yang mengambil. Harus dikirim ke Medan. Memang kemampuan petugas di lapangan belum ini (memadai) juga. Rumah sakit kami kan bukan rujukan ya," kata Direktur Utama RSUD Rantau Prapat Syafril Harahap, Syafril, Kamis (23/4).

Pihak RSUD Rantau Prapat sedang berkoordinasi dengan Pemkab Labuhan Batu Selatan (Labusel) untuk merujuk pasien ini termasuk mengenai rumah sakit tujuannya. "Karena pasien berasal dari sana. Jadi nanti yang mengirim Pemkab Labusel," ungkap Syafril.

Sementara mengenai bayi perempuan yang baru dilahirkan PDP itu, Syafril mengatakan, rapid test sudah dilakukan. Hasilnya negatif.

Seperti diberitakan, seorang PDP Covid-19 melahirkan di RSUD Rantau Prapat, Rabu (22/4). Proses persalinan perempuan yang sudah dinyatakan positif berdasarkan rapid test itu berlangsung normal.

PDP ini merupakan seorang ibu berinisial R (44). Warga Labusel ini dirujuk dari rumah sakit swasta dan dirawat di RSUD Rantau Prapat sejak Selasa (21/4)


Sumber :Merdeka.com

Komentar

Berita Terkini