|
Follow Us :

KAI dan DSME Serahkan Bantuan Alat tes Covid kepada Kementrian Pertahanan RI

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Korea Aerospace Industries, LTD. (KAI) bersama dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) menyerahkan 10,000 alat tes Covid-19 kepada Kementerian Pertahanan Indonesia (Kemenhan RI), Rabu (29/4).

Sumbangan alat tes Covid-19 ini dilaksanakan untuk menyediakan pelayanan yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia. Indonesia adalah negara kerja sama Korea yang paling dekat terutama di bidang industri pertahanan. Indonesia sedang mengoperasikan pesawat dan kapal selam buatan Korea seperti KT-1B dan T-50i.

KAI dan DSME telah menyiapkan persediaan alat tes tersebut dengan cepat untuk mendukung pemerintah Indonesia untuk menghentikan penyebaran Covid-19 dan juga mendukung Indonesia untuk dapat pulih kembali dengan cepat. Kedutaan Besar Korea di Indonesia dan Kementerian Pertahanan Indonesia telah mendukung penyediaan alat tes tersebut sampai tiba di tanah air Indonesia.

Alat tes tersebut buatan Korea mempunyai akurasi lebih dari 95% dan telah disampaikan melalui maskapai penerbangan nasional Indonesia, Garuda Indonesia, dengan free-of-charge.




“Hubungan Korea dan Indonesia sangat erat di berbagai bidang, terutama dibidang industri pertahanan,” kata CEO dan Presiden KAI Ahn Hyunho. “Kami berharap sumbangan ini dapat memberi semangat kepada masyarakat Indonesia.”

Ternyata sumbangan kali ini bukanlah kali pertama bagi KAI. Pada tahun 2018, KAI pernah memberi sumbangan kepada Indonesia untuk pemulihan kerusakan akibat tsunami.

KAI telah mengembangkan pesawat latih KT-1, pesawat latih yang advance T-50, pesawat tempur ringan FA-50, dan Helikopter Surion KUH-1, dan Indonesia adalah negara pertama yang menjadi pembeli pesawat latih KT-1 pada tahun 2001 dan T50 pada tahun 2011. Pada saat ini, KAI sedang dalam pengembangan pesawat tempur KF-X/IF-X bersama dengan Indonesia. Selain program tersebut, KAI juga sedang mengembangkan helikopter bersenjata/sipil ringan LCH/LAH dan juga satelit.

KAI telah mengembangkan satelit serbaguna yang bernama Arirang dan berencana untuk memperluas industri antariksa melalui partisipasi di dalam program pengembangan satelit termasuk satelit advanced ukuran menengah,satelit militer pengintai, dan juga partisipasi di program perakitan sistem total kendaraan peluncuran antariksa Korea dan tanki propellant stage 1.(rel)
Komentar

Berita Terkini