Bupati Asahan Safari Ramadhan di Mesjid Al-Falah Desa Manis

Media Apakabar.com
Rabu, 29 April 2020 - 23:37
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Safari Ramadhan 1441 H, Bupati Asahan H.Surya Bsc kunjungi Masjid Al-Falah di Desa Manis Dusun 6 Kecamatan Pulau Rakyat, Rabu (29/04/2020).

Dalam kunjungan safari itu, Bupati Asahan didampingi Kadis Kominfo, Kepala Bagian Kesra dan Kepala Bagian Protokol Setdakab Asahan.

Ketua BKM Masjid Al-Falah, Muhammad Ridwan, dirinya mengucapkan selamat datang kepada Bupati Asahan beserta rombongan ke masjid kami ini untuk melaksanakan Safari Ramadhan.

"Masyarakat Desa Manis tetap semangat dan  sangat antusias melaksanakan ibadah puasa pada tahun ini walau ada wabah virus Corona" ujar M.Ridwan.

Sebelum memberikan bimbingannya Bupati Asahan memberikan bantuan kepada BKM Al-Falah berupa 1 buah jam digital dan uang sebesar Rp 2.000.000, diterima langsung oleh Ketua BKM.

Selain itu Bupati sekaligus memberikan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim sebesar Rp 200.000 sebanyak 25 orang yang diserahkan secara simbolis.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc mengatakan bahwa  pelaksanaan safari Ramadhan  tahun ini agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Karena  Safari Ramadhan kali ini,  Kita laksanakan  ba'da Dzuhur, dengan jumlah jamaah tidak  lebih dari 20 orang. Dimana pada Safari tahun sebelumnya Kita laksanakan setelah sholat  Isya dengan jumlah jamaah tidak dibatasi.

Hal ini disebabakan karena adanya wabah COVID 19. Maka guna mengantisipasi penyebaran virus itu, Safari Ramadhan Kita lakukan setelah sholat Dzuhur,ucap Bupati.

Maka dari itu, Bupati Asahan H. Surya mengimbau masyarakat dalam rangka Percepatan Penanganan Covid 19 :

1. Kepada BKM agar dalam melaksanakan ibadah diharapkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti, mensterilkan lantai dan tidak membentangkan sajadah.

2.Dalat  mempersingkat waktu pelaksanaan Sholat Tarawih dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat, dan melaksanakan tadarus dirumah.

3. BKM di imbau untuk selalu memantau jamaah shalat tarawih yang datang dari luar guna menghindari penyebaran covid-19.

4. Orang yang berstatus ODP, PDP dan OTG dilarang untuk menghadiri salat berjamaah di Masjid/lapangan.

5. Di imbau kepada BKM agar dalam menyediakan menu berbuka dalam bentuk kemasan, terjaga kebersihan dan kesehatannya serta tidak menerima jaburan.

6. Umat Islam untuk senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu dengan meningkatkan infaq,wakaf dan sedekah serta menyegerakan pembayaran zakat mal serta zakat fitrah di awal bulan Ramadhan.

7. Seandainya ada pasien yang meninggal dunia karena virus Corona, diharapkan masyarakat untuk tidak menolak jenazah suspect covid-19 yang akan dimakamkan di tempat pemakaman umum setempat.

8. Terhadap pelaksanaan Sholat Idul Fitri dianjurkan untuk dilaksanakan di lapangan yang disesuaikan dengan  situasi dan kondisi dengan mengikuti protokol covid-19

9. Tidak melakukan mudik atau bepergian ke luar kota yang berpotensi dapat menularkan covid-19 dan tetap waspada terhadap bahaya covid-19.

10. Apabila ada jamaah yang terganggu kesehatannya, maka BKM/jamaah segera menghubungi gugus tugas covid-19 Kabupaten Asahan di nomor 0811-6796-119 atau (0623) 347-924 atau petugas kesehatan setempat, imbau Bupati Surya.

Dalam kesempatan Safari Ramadhan tersebut para jamaah diberikan tausiah agama oleh Al ustadz H. Salman Abdullah Tanjung dan mengajak seluruh jamaah untuk tetap melaksanakan ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan keikhlasan sehingga ibadah puasa yang kita jalankan diterima oleh Allah SWT..(Ed/Dp)

Share:
Komentar

Berita Terkini