Begini Cara Mengatasi Nyeri di Ulu Hati Akibat Asam Lambung Naik

armen
Sabtu, 01 Februari 2020 - 08:46
kali dibaca




Nyeri Ulu Hati sebagai Salah Satu Gejala Asam Lambung Naik
Mediaapakabar.com-Asam lambung naik atau dalam medis disebut Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang cukup sering terjadi. 

GERD pun dapat menyebabkan nyeri ulu hati yang dapat sangat mengganggu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui solusi dalam mengatasinya.

GERD sendiri merupakan penyakit yang disebabkan naiknya asam dari lambung ke esofagus atau kerongkongan.

Hal ini, jika terjadi secara kronis dapat berbahaya karena asam lambung dapat menyebabkan iritasi pada kerongkongan.

Nyeri Ulu Hati sebagai Salah Satu Gejala Asam Lambung Naik

Ketika asam lambung naik, salah satu gejala yang paling sering dirasakan penderitanya adalah sakit di ulu hati. Rasa sakit ini bisa terasa memburuk saat penderita mengonsumsi makanan.

Biasanya, sakit di ulu hati akibat asam lambung naik berlangsung selama sekitar dua jam.

Kendati demikian, sakit di ulu hati tidak hanya bisa terjadi pada penderita GERD. Saat menderita penyakit gastritis atau mag, Anda pun dapat merasakan keluhan ini.

Selain nyeri atau sakit di ulu hati, masih ada beberapa gejala lain yang dapat dirasakan oleh penderita GERD, antara lain:

Rasa Terbakar pada Dada (Heartburn) dan Menjalar ke Kerongkongan
Gejala heartburn dan terasa menjalar ke kerongkongan merupakan gejala khas GERD. Gejala ini dapat berlangsung selama dua jam dan posisi berbaring dapat membuat gejala ini semakin berat.

Mual dan Muntah
Gejala mual dan muntah dapat terjadi akibat meningkatnya produksi asam lambung hingga berlebih.

Rasa Asam atau Pahit pada Mulut
Penyakit GERD yang sudah cukup parah dapat membuat asam lambung naik sampai ke mulut. Terkadang, sisa makanan juga ikut naik bersama asam lambung.

Akibatnya, penderita dapat merasakan rasa asam dan pahit pada mulut.

Batuk Kering
Saat asam lambung naik hingga ke kerongkongan, bisa saja terjadi iritasi. Hal ini kemudian dapat menyebabkan gejala batuk kering.

Nyeri Tenggorokan
Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan bisamenimbulkan rasa nyeri di tenggorokan.

Suara Serak
Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan pada jangka waktu lama juga dapat menyebabkan suara serak. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang juga terjadi pada tenggorokan dan pita suara.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Penyebab Nyeri Ulu Hati
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai cara mengatasi nyeri ulu hati adalah mengendalikan asam lambung supaya kadarnya tidak terlalu tinggi.

Berikut ini beberapa cara mengatasi nyeri ulu hati, yang juga sekaligus mencegah produksi asam lambung berlebih:

Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung
Penderita GERD sudah memiliki kelainan pada katup antara lambung dan kerongkongan. Sehingga, jika mengonsumsi makanan pemicu asam lambung naik, maka hal itu akan sangat mudah terjadi.

Oleh sebab itu, penderita GERD sebaiknya menghindari makanan pemicu asam lambung. Contohnya kopi, cokelat, soda, alkohol, daging, serta makanan asam, pedas dan berlemak.

Memperhatikan Posisi Tubuh

Posisi tubuh setelah makan juga berpengaruh pada penderita GERD. Hindari berbaring setelah makan karena asam lambung beserta makanannya dapat kembali ke kerongkongan dengan mudah.

Anda disarankan untuk tetap dalam posisi tegak, minimal dua sampai tiga jam setelah makan. Gaya gravitasi akan dapat membantu menghindari risiko naiknya asam lambung.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu risiko penyebab GERD adalah obesitas. Lemak berlebih pada perut dapat menyebabkan timbulnya tekanan, sehingga mendorong asam lambung ke kerongkongan.

Menerapkan Cara Makan Small Frequent Feeding

Small frequent feeding adalah cara makan dengan porsi sedikit, namun sering. Hal ini dapat mencegah arus balik asam lambung dan makanan.

Makan terlalu banyak bisa menimbulkan adanya tekanan pada katup antara lambung dan kerongkongan, sehingga mudah menyebabkan asam lambung naik.

Mengonsumsi Obat-obatan dari Dokter

Jika gejala GERD sudah sangat mengganggu, sebaiknya Anda segera periksa ke dokter. Anda mungkin membutuhkan obat-obatan yang dapat menurunkan produksi asam lambung.

Nyeri di ulu hati dan gejala GERD lainnya bisa menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita. Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti tips di atas untuk mencegah dan mengatasi asam lambung naik.


Sumber : Klikdokter.com

Share:
Komentar

Berita Terkini