Panglima TNI dan Kapolri Tegaskan Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri Harga Mati

armen
Selasa, 28 Januari 2020 - 14:12
kali dibaca


Mediaapakabar.com-Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto membuka dengan resmi Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri yang digelar di Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (28/01) sekitar pukul 07.15 Wib 

Rapim dihadiri oleh para pejabat utama AD, AL, AU, Polri serta para Kapolda dan Pangdam se-Indonesia, mengambil tema *Dilandasi Profesionalitas, Soliditas dan Sinergitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2020 Serta Mengawal Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menuju Indonesia Maju*.


Dalam sambutannya di depan 359 perwira tinggi TNI-Polri, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa tantangan tugas ke depan pada tahun 2020 juga cukup berat, sehingga sinergitas dan soliditas TNI-Polri adalah harga mati dan menjadi kesuksesan dalam menghadapi tantangan tugas tersebut. "Pada tahun ini kita dihadapkan pada tantangan tugas pengamanan Pilkada serentak dan PON XX di Papua, termasuk manajemen disaster akibat hujan juga antisipasi musim kemarau berkepanjangan, dan upaya menjaga sumber daya alam dari eksploitasi ilegal, maka  TNI-Polri harus solid dan sinergis, itu harga mati dan kunci untuk sukses," tegas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersemangat.

Panglima TNI juga mengingatkan agar prajurit TNI dan insan Bhayangkara harus selalu siap menghadapi perubahan dan dampaknya di tengah persaingan global saat ini. "Presiden Jokowi sudah mengingatkan kita, di tengah persaingan global, siapa yang cepat membaca peluang, pasti bisa maju," kata Panglima TNI.

Pada bagian akhir pembekalan, Panglima TNI memberikan tips kepada para perwira tinggi TNI-Polri tentang P5 yaitu proper planning prevent pissful performance atau perencanaan yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik. "Jaga netralitas dalam Pilkada, hilangkan ego sektoral, serta tingkatkan kepedulian dengan optimalisasi deteksi dini dan pencegahan dini. Dengan demikian kita sudah menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat kepada TNI-Polri sebagai pilar utama bangsa," tutup Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pasca pembukaan resmi Rapim TNI-Polri oleh Panglima TNI, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memberikan pembekalan kepada para petinggi TNI-Polri. "Rapim ini harus diberdayakan menjadi sarana untuk menyusun formula strategis dan langkah-langkah bersama dalam menghadapi tantangan tugas ke depan," kata Jenderal Idham Azis mengawali arahan. 

Kapolri mengapresiasi pada sinergitas dan soliditas TNI Polri yang telah terjalin dalam pelaksanaan tugas selama ini. "Ingat, sinergitas dan soliditas itu menjadi harga mati dalam tugas, harus mengkristal dalam pikiran, perasaan dan perbuatan," kata Jenderal Idham Azis dengan semangat. 

Kapolri meyakinkan bahwa menjalani amanah bukanlah tentang siapa yanf hebat namun kebersamaan tidak dapat dinilai dengan apapun. "Perlu dukungan para pimpinan TNI-Polri untuk bisa bersama-sama dalam menghadapi tantangan tugas ke depan. Negara menaruh harapan besar pada TNI-Polri sebagau pilar utama keutuhan bangsa," tutup Jenderal Idham Azis disambut tepuk tangan dari para peserta Rapim. Pasca pembekalan, acara Rapim TNI Polri dilanjutkan dengan foto bersama di depan patung Panglima Besar Jenderal Soedirman.(rel/dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini