|

Penderita Diabetes Harus Tau Golongan Metformin dan Golongan Sulfonilurea, Simak Penjelasannya...

Kali Dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Indonesia disebut menduduki urutan ke-7 sebagai negara dengan pasien diabetes terbanyak di dunia dengan penderita mencapai 10 juta orang. Diabetes merupakan penyakit dengan kadar gula (glukosa) dalam darah yang cenderung tinggi alias di atas ambang normal.

Oleh karena itu, penderita diabetes baiknya membatasi makanan atau minuman manis. Dilansir dari Kompas, Sabtu (7/9/2019) Anda harus mengetahui seputar diabetes:
1. Obat diabetes tak merusak ginjal Penderita diabetes diwajibkan mengonsumsi obat secara rutin agar penyakit yang dideritanya tak bertambah parah.

Namun, ada mitos yang menimbulkan kekhawatiran penderita bahwa seringnya konsumsi obat akan merusak ginjal.

Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Ketut Suastika, menegaskan bahwa tidak ada obat diabetes yang akan merusak ginjal.

Menurut dia, jenis obat yang perlu diwaspadai adalah obat yang berdasarkan metabolismenya dikeluarkan di ginjal, terutama bagi orang yang memiliki kelainan ginjal.

Selain itu, obat diabetes pada umumnya terbagi menjadi dua, golongan Metformin dan golongan Sulfonilurea, dan juga memiliki efek samping.

Untuk golongan Metformin berfungsi mengurangi produksi glukosa pada hati. Sementara, Sulfonilurea berfungsi meningkatkan produksi insulin di pankreas.

"Efek samping tidak banyak, tapi ada pada orang tertentu menyebabkan gejala lambung seperti kembung, mual tapi ini pengalaman kami tidak terlalu banyak," ujar dr Suastika.

Yang perlu diwaspadai adalah efek samping yang terlalu kuat, sehingga kalau gula darah tidak tinggi si penderita bisa mengalami hipoglikemia.

Adapun efek samping bisa dicegah dengan mengonsumsi obat secara berjangka, dimulai dari dosis ringan dan ditingkatkan hingga batas maksimal. (ni)
Komentar

Berita Terkini