|

Gubernur Sumut Dengarkan Aspirasi Masyarakat Pinggir Sungai Deli

Kali Dibaca
Doc.apkabar
Mediaapakabar.com- Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution serta rombongan kembali meninjau dan menyusuri Sungai Deli, Selasa (10/9/2019). Penyusuran dimulai dari Jembatan Underpass Titikuning dan berakhir di Jembatan Sei Deli Jalan Perdana Medan.

Selama menyusuri sungai, Gubernur memperhatikan dan mengevaluasi hal-hal yang perlu diberbaiki dan dibenahi untuk mendukung program Medan Menuju Bebas Banjir 2022, serta rencana pembangunan tol dalam kota di sepanjang jalur Sungai Deli. Di sela-sela peninjauannya, Edy berhenti dan menyapa warga Kampung Aur yang berkumpul di tepian sungai.

Tak hanya menyapa, Edy juga menyempatkan untuk mendengar aspirasi dan berdialog dengan masyarakat. Salah satu penduduk Kampung Aur bernama Asrini menyampaikan, masyarakat pada umumnya senantiasa mendukung program pembangunan pemerintah. “Kami masyarakat pinggiran sungai tidak menolak program pemerintah, tapi kami butuh kesejahteraan, Ayah (Edy Rahmayadi). Kami mendukung untuk dilakukan pembenahan,” katanya.

Asrini juga menyampaikan bahwa masyarakat sedang mencanangkan program “Dilarang Membuang Sampah ke Sungai”. Sepakat dengan Edy, Asrini merasa Sungai Deli memiliki nilai sejarah dan harus dilestarikan. “Kita perjuangkan Sungai Deli, Yah,” katanya.

Menyahuti Asrini, Gubernur mengapresiasi program yang dicanangkan masyarakat. Sebagai warga yang paling dekat dengan Sungai Deli, sudah sepatutnya warga menjaga kelestariannya. “Pembangunan dan pembenahan sudah pasti harus kita lakukan, nanti agar kalian juga tinggalnya di tempat yang lebih bersih,” tutur Edy.

Dua jam melakukan penyusuran, Gubernur menceritakan bahwa ada banyak bangunan dan jembatan-jembatan yang perlu dievaluasi karena melanggar batas sempadan sungai. Serta, masalah sampah dan limbah yang harus diselesaikan.

“Tadi saya bersama dengan Wakil Walikota Medan, kita bicarakan, Wakil Walikota nanti akan ambil tindakan. Sungai Deli ini harusnya memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, sampai ke anak cucu kita nanti terasa manfaatnya. Untuk itu harus kita rawat bersama,” harapnya.(ni)
Komentar

Berita Terkini