|

Wujudkan Kas Keliling 3 T, BI Gandeng TNI AL Siapkan UPK ke Enam Pulau Terpencil

Kali Dibaca
Doc.apkabar
Mediaapakabar.com- Bank Indonesia (BI) siapkan uang pecahan kecil (UPK) senilai Rp 3,64 miliar untuk dibawa ke enam pulau terpencil di 3 provinsi yang ada di Pulau Sumatera yakni Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Provinsi Aceh dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Penukaran UPK ini bekerjasama dengan Lantamal I Medan Belawan dan secara resmi dilepas sore ini, Kamis (29/8/2019).

“Dikesempatan sore hari ini merupakan kesempatan yang pertama tahun ini BI Provinsi Sumut melakukan kas keliling menggunakan kapal laut yang bekerjasama dengan Lantamal I Medan Belawan yang akan menyusur ke beberapa pantai di sekitar Sumut, Aceh dan Kepri,” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Siswo Widayat.

Enam pulau ini yakni, Pulau Weh, Pulau Nasi di Provinsi aceh, Pulau Berhala di Sumut, Pulau Rupat, Pulau Tebing Tinggi dan Pulau Bengkalis di Riau.

“Jadi keenam pulau Ini kita identifikasi bersama kawan-kawan di Lantamal I bahwa kita lihat enam pulau ini yang paling memungkinkan kita lakukan penukaran UPK di tahap pertama. Jadi kas keliling 3 T (terpencil, terdepan dan terluar) ini akan kita lakukan dalam waktu sekitar 7 hari untuk menjelajahi 6 pulau ini,” terang Wiwiek.

Dari Rp 3,64 miliar ini terdiri dari uang pecahan Rp 100 ribuan, Rp 50 ribuan, Rp 20 ribuan sampai pecahan Rp 500 logam.

“Semua uang pecahan kita bawa dengan harapan kita bisa menjangkau ke 6 pulau ini,” sebutnya.

Sementara itu, Komandan Danlantamal I Laksamana Pertama Abdul Rasyid mengatakan kegiatan ini wujud sinergitas antara pemerintah dalam hal ini BI dan angkatan laut.

“Ini merupakan satu tugas kita bersama untuk menghadirkan kepedulian pemerintah di pulau 3 T yakni pulau terpencil, terluar dan terdepan,” pungkasnya.(abi)
Komentar

Berita Terkini