600 Hektar Lahan di Sumut Alami Kekeringan Akibat Kemarau

Anonim
Kamis, 29 Agustus 2019 - 09:36
kali dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Musim kemarau berdampak luas pada lahan pertanian di Sumatera Utara (Sumut). Hingga Agustus ini tercatat, total luas sawah yang kekeringan mencapai lebih dari 600 hektare (ha).

Dilansir dari Detik, Kamis (29/8/2019) Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sumut, Dahler mengungkapkan bahwa kekeringan terjadi di beberapa wilayah. Di Kabupaten Langkat luas sawah yang kekeringan yakni 608 ha, di Deli Serdang 26 ha, Labuhan Batu Utara 7 ha, dan Labuhan Batu 4 ha.

"Tidak turun hujan selama beberapa bulan ini, sehingga sawah-sawah yang berada di beberapa kabupaten mengalami kekeringan," kata Dahler

Terkait situasi kekeringan tadi, Dahler menyebutkan pihaknya telah mengambil beberapa langkah. Antara lain menyiapkan sarana dan prasarananya dalam rangka membantu petani untuk mengairi lahannya yang terkena dampak dari kekeringan. Termasuk menyiapkan pompa-pompa yang berada di Dinas Pertanian Kabupaten dan yang ada di kelompok-kelompok tani.

"Saat ini pun hujan telah mulai turun, semoga pertanaman padi yang kemarin terkena kekeringan dapat pulih kembali," katanya.

Namun, kabar baiknya, sawah di sejumlah wilayah di Sumut sudah mulai panen dan aman dari serangan organisme pengganggu tanaman. Daerah yang akan panen di antaranya di Kabupaten Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat, Binjai, Simalungun, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal.(ni)

Share:
Komentar

Berita Terkini